Usai peletakan batu pertama, Walikota Bekasi, Rahmat Effendi foto bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dan pihak PT Summarecon Agung Tbk

Pepen Letakan Batu Pertama Pembangunan Mapolres Metro Bekasi Kota Yang Baru

BEKASI (suaralira.com) - Walikota Bekasi Rahmat Effendi meletakkan batu pertama untuk pembangunan Mapolres Metro Bekasi Kota di jalan Pangeran Jayakarta, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (20/2).
 
Pembangunan Maplores itu, berada diatas tanah fasos/fasum dari PT Summarecon Agung Tbk, dengan total luas kurang lebih 5.000 meter persegi.
 
"Peletakan batu pertama ini sekaligus menandai komitmen sinergitas kami dengan kepolisian, dan pihak swasta (Summarecon) dalam menyediakan pelayanan kepolisian yang lebih baik. Kita akan bangun gedung baru Mapolrestro Bekasi Kota ini setinggi enam lantai,"  beber Walikota Bekasi Rahmat Effendi.
 
Dikatakan Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi, bahwa alokasi anggaran relokasi Mapolrestro Bekasi Kota itu bersumber dari APBD Kota Bekasi senilai total Rp 38 milyar, yang dilakukan dalam dua tahun anggaran pada 2017, dan 2018. Pengerjaannya sendiri akan dikerjakan oleh Dinas Perumahan, dan Permukiman Kota Bekasi. Untuk tahap awal, dana yang dikucurkan sebesar Rp 5 milyar untuk pematangan lahan, dana selanjutnya akan bergulir sesuai kebijakan legislatif.
 
Ia mengakui, pembangunan tersebut sangat mutlak dibutuhkan, mengingat kondisi pelayanan yang sudah tidak efektif di tempat lama.
 
"Kondisi parkir kendaraan di Polres lama sudah tidak layak, karena di sana jalannya kecil, dan banyak kantor pelayanan publik," terang dia.
 
Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Umar Surya Fana mengapresiasi kebijakan Pemkot Bekasi, dan pihak Summarecon atas bantuan tersebut.
 
"Saya atas nama jajaran Polri mengapresiasi, dan berterimakasih kepada Pemerintah Kota Bekasi, mungkin baru ini kebijakan daerah terhadap instansi vertikal begitu besar, terlebih diatas gedung Polres Metro Bekasi Kota nanti akan tersedia helipad, begitu megahnya gedung ini nantinya," ujar Umar.
 
Untuk tempat atau gedung lama, lanjut Umar, rencananya akan dimanfaatkan sebagai tempat pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), serta rumah dinas anggota polisi setempat.
 
Seperti diketahui, Pemkot Bekasi tidak hanya membangun Mapolres Metro Bekasi Kota saja, ada juga pembangunan kantor instansi vertikal lain seperti Kantor Imigrasi, Lapas, dan lainnya.
 
(oto/sl)