MTQ Ke-16 Kecamatan Pinggir

DPRD Bengkalis Harap Sukses dan Menghasilkan Qori Terbaik

PINGGIR, BENGKALIS (RIAU), suaralira.com - Pelaksanaannya Pembukaan Mushobaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 16 Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau berlangsung cukup meriah, Acara bertempat di halaman Kantor Camat Pinggir, Minggu (31/03/2019).
 
Dalam serangkaian pelaksanaanya MTQ tersebut, siang sekira pukul 1.30 WIB telah diadakan pawai Tha'ruf  dengan start lapangan bola kaki dan finish di halaman kantor Camat Pinggir dan diikuti ribuan peserta terdiri dari elemen masyarakat, anak-anak TK, guru-guru sekolah, Kepala Desa dan Lurah maupun perwakilan  masyarakat dari delapan kelurahan dan dua Desa Kecamatan Pinggir. 
 
Terlihat Kemeriahan dalam menyambut MTQ ke 16 ini dengan  antusiasnya masyarakat setempat menonton pawai Tha'ruf yang dengan atributnya masing-masing dibawa peserta kapilah dari daerah peserta dengan iringi marching band.
 
Pelepasan pawai Tha'ruf dilakukan oleh Camat Toharudin dan didampingi anggota DPRD Bengkalis daerah pemilihan (Dapil) 3 Kecamatan Pinggir, Pipit Lestari SPd dari Partai Nasdem, Susianto SR dari partai PKS dan panitia pelaksana kegiatan MTQ Kecamatan. 
 
Pipit Lestari SPd  melalui selulernya kepada awak media, Senin 01/04/2019 mengharap para peserta  lebih baik lagi dari  tahun sebelumnya. Dan qori cilik kalau bisa dibina dan diberi inovasi untuk meningkatkan kualitasnya kedepan," harapnya. 
 
Hal serupa diutarakan juga Susianto SR, Alhamdulillah pawai Tha'ruf  pembukaan MTQ  berjalan lancar dan baik, masyarakat sangat antusias dan kompak sekali. Harapan optimis saya sebagai anggota DPRD Pinggir mengharap peserta didaerahnya bisa terwakil dari Kecamatan pinggir diajang Kabupaten Bengkalis dan kalau bisa tingkat Nasional," harap Susianto.
 
"Dengan adanya MTQ ini paling penting bisa meningkatkan Ukuwah Islamiyah mempererat silaturahmi, intinya secara pribadi sebagai anggota Dewan Pinggir, saya (Susianto-red)  sangat mendukung pelaksanaan MTQ ini dalam mempererat tali persaudaraan sesama muslim," ucapnya. 
 
Sebelum dibuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)  ke-16 terlebih diawali dengan tarian persembahan tepak sirih tanda penghormatan kepada tamu-tamu yang datang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh ketua Kemenag. 
 
Selanjutnya acara secara resmi dibuka oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin dengan penekanan sirine didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Ibra Teguh dan Pipit Lestari, serta Camat Pinggir Toharudin dan Forkopimda serta lurah dan Kepala Desa. 
 
Cuaca gerimis tidak membuat antusias masyarakat menyurut untuk menyaksikan acara pembukaan MTQ tersebut, suara merdu Hafizah cilik berumur 5 tahun Istiana Billah membuat semua hadirin terpaku mendengar lantunan ayat suci yang dibacanya.
 
Bupati Bengkalis dalam sambutannya meminta agar masyarakat memahami isi Al-Quran dan melaksanakannya di dalam kehidupan sehari-hari.
 
“Al-Quran bukan hanya sebuah teks yang hanya cukup untuk dibaca, terlebih apabila ditambah dengan mempelajari, mendalami dan mengambil hikmah dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Karena Al-Quran merupakan ilmu yang secara langsung diberikan Allah SWT kepada semua hambanya guna memenuhi isi hati yang diucapkan secara lisan dan diwujudkan dalam tingkah laku perbuatan kita sehari-hari. Hati yang jarang berinteraksi dengan Al-Quran ibarat rumah kosong yang tak berpenghuni,"Jelas Amril Mukminin.
 
Bupati juga berpesan bahwa sudah sejarusnya Al-Quran menjadi bacaan diantara sekian banyak koleksi buku bacaan dan rekaman suara ayat-ayat Al-Quran yang selalu terdengar oleh telinga akan menjadi lebih utama diantara puluhan bahkan ratusan moleksi rekaman lagu yang dimiliki.
 
Pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama lima hari mulai tanggal 31 Maret  sampai 4 April 2019 tersebut memperlombakan delapan cabang yang diikuti 120 orang peserta terdiri 65 laki-laki dan 55 peserta perempuan. 
 
Keindahan Astaka dan meriahnya pembukaan MTQ Ke 16 Kecamatan Pinggir ini tak lepas dari sebelas  stand bazar pendukung yang menampilkan pernak-pernik souvenir dari masyarakat yang telah dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril yang didampingi Amril Mukminin dan anggota DPRD Bengkalis Ibra Teguh, Pipit Lestari dan segenap unsur pemerintah lainnya. (hms/ dprd bengkalis/ adv/ sl)