Bimtek Akreditasi PAUD di Ikuti 40 Lembaga

Suaralira.com, REJANG LEBONG -- Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yang Teragreditasi Tahun 2019 di Hotel Griya Anggita Curup, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Selasa (24/9) siang.
 
Hadir pula dalam pembukaan siang itu Bunda PAUD RL, Ny. Fitri Hertikasari Hijazu, Narasumber dan Vasilitator Direktorat Jendral Pembinaan PAUD dan Dikmas Kementrian Pendidikn dan Kebudayaan, Ketua GOW, GOPTKI, Pengawas TK dan PAUD RL, Ketua Badan Akreditas Nasional PAUD dan PNF Provinsi Bengku, serta diikuti oleh para peserta bimtek.
 
Bimtek Akreditasi PAUD tahun 2019 diikuti oleh 40 lembaga dari 5 Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Yaitu 11 Lembaga dari Kabupaten Rejang Lebong, 11 lembaga dari Kabupaten Kepahiang, 4 Lembaga dari Kota Bengkulu, 7 Lembaga dari Kabupaten Bengkulu Tengah, dan 7 lembaga dari Kabupaten Lebong.
 
Kepala Disdikbud Rejang Lebong, Drs. Noprianto mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai pedoman bagi guru untuk memperoleh gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan mutu.
 
“Kita ingin memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisien, produktifitas dan inovasinya,” ujar Noprianto.
 
Noprianto menjelaskan, Bimtek ini merupakan salah satu upaya dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk memastikan layanan pendidikan di tingkat PAUD bisa optimal.
 
Karena selama ini, Kata Noprianto, fokus pemerintah pusat dipendidikan dasar, mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
 
“Kalau dilihat disain pendidikan secara nasional dimulai sekitar 7 sampai 8 tahun yang lalu, ini ada semacam gerakan keinginan nasional bahwa layanan pendidikan ke anak-anak indonesia harus dimulai lebih awal.
 
Norianto berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mengarahkan kepada pengelola kegiatan dan pemangku kepentingan, agar dalam pelaksanaan sesuai dengan jadwal, sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.
 
“Saya harap para peserta bimtek ini dapat mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh dan juga ilmu yang di dapat dalam bimtek ini dapat diterapkaan ke PAUD masing-masing,” pungkasnya. (HD/RL/SL)