FESTIVAL LOMBA BERGIZI SEIMBANG DAN AMAN SAJIKAN KEASLIAN PANGAN LOKAL

EMPAT LAWANG (Sumsel), Suaralira.com -- Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad dan Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana, mengadiri Festival lomba, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dipendopoan Rumah Dinas Bupati, Senin (28/10/2019).
 
Dalam kesempatan tersebut Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, mengapresiasi kegiatan lomba masak dengan menggunakan produk atau bahan asli dari Kabupaten Empat Lawang.
 
Dinas Ketahanan Pangan harus menyajikan keaslian panganan lokal yang tak kalah gizinya dengan makanan lain yang berasal dari Sumber Daya Lokal, harus kembangkan dan digali lagi pemanfaatannya,” ujar Bupati.
 
Lomba semacam ini harus bisa berkesinambungan dan berkelanjutan, supaya hasilnya bisa sampai kemasyarakat luas dan jangan hanya sebatas lingkup PKK saja.
 
Stunting ini isu Nasional, jadi kita harus menyiapkan generasi kedepan yang sehat dan mampu bersaing, dan itu butuh peran PKK mulai dari tingkat Kabupaten, sampai ke Desa untuk menggerakkan masyarakat mengubah pola hidup sehat,” ujarnya.
 
Disisi lain, Ketua PKK Empat Lawang Hj Happy Sapriyani Joncik menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih melakukan pengawasan terhadap para anak balita, agar tidak tergantung dengan makanan cepat saji atau instan. Karena sangat berbahaya untuk tumbuh kembang balita.
 
Saat ini angka kekurangan gizi di Indonesia mencapai 17 persen dan itu sangat tinggi, dan salah satu penyebabnya sekarang ini banyak sekali makanan cepat saji yang mengandung pemanis.
 
Perasa serta pengawet yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat, jadi diharapkan peran para PKK dimasyarakat dalam mengkampanyekan makanan sehat,” ungkapnya. (at/el/sl)