Paslon Bupati Bengkalis 'KBS' Mendaftar ke KPU Bengkalis

Bengkalis (Riau), Suaralira.com -- Pasangan calon (Paslon) Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) yang diusung oleh Partai koalisi PAN, PBB, Nasdem, Gerinda dan Demokrat, merupakan  Paslon pertama mendaftarkan ke KPU Bengkalis dalam mengikuti tahapan pilkada Bupati Bengkalis, Jumat,(04/09/2020) pagi.
 
Pelepasan dilaksanakan di Sekretariat PAN Bengkalis Jalan Pertanian Bengkalis. Kasmarni-Bagus berjalan bersama Ketua partai Koalisi, kader, simpatisan dan relawan. Iringan rebana dan teriakan menang, menang, menang mengiringi perjalanan KBS menuju kantor KPU.
 
Tiba di gerbang KPU, Kasmarni-Bagus harus tertahan sementara karena KPU memberlakukan aturan protokol kesehatan yang cukup ketat. Yang diperkenankan masuk hanya ketua partai koalisi dan sejumlah pengurus sesuai  data yang diberikan. Selebihnya para pendukung terpaksa menunggu di luar pagar.
 
Di dalam ruangan, KPU kembali memberlakukan aturan ketat. Jumlah pengurus partai koalisi yang masuk ke ruang penerimaan pendaftaan kembali dibatasi. Yang diperbolehkan hanya ketua parpol koalisi berikut 10 pendukung. Setelah itu baru proses pendaftaran di mulai.
 
Berkas dukungan 5 parpol pendukung di serahkan ke KPU. Berkas itu langsung diverifikasi KPU. Verifikasi ini memakan waktu cukup lama. Lebih 1 jam KPU memverifikasi dokumen yang diserahkan. Setelah dirasa lengkap, verifikasi dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Aplikasi  ini untuk mempermudah paslon dan penyelenggara pemilu untuk mengecek keabsahan data.
 
Setelah dinyatakan selesai, KPU menyatakan pendaftaran pasangan Kasmarni-Bagus diterima dengan ketukan palu tiga kali.
 
"Berdasarkan verifikasi dokumen yang sudah diterima, pendaftaran bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kasmarni-Bagus Santoso diterima berdasarkan lampiran tanda terima pendaftaran bupati/wakil bupati Bengkalis tahun 2020," ujar Ketua KPU Fadhillah Al Mausuly.
 
Selanjutkan KPU pun meminta salah satu perwakilan partai koalisi untuk menandatangani berkas acara, sembari menjelaskan tahapan pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui pasangan Kasmarni Bagus.
 
Usai pendaftarannya diterima KPU Bengkalis, Kasmarni yang ditemui media menyampaikan kelegaannya melewati proses pertama tahapan pilkada Bengkalis itu.
 
"Alhamdulillah, proses pendaftaran sudah selesai di lakukan," ujarnya.
 
Kenapa memilih di Hari Jumat ? menurut Kasmarni hari Jumat merupakan hari penuh berkah.
 
"Jumat merupakan hari  penuh berkah. Mudah-mudahan keberkahan mengiringi langkah kami. Diberi kemudahan melangkah dan diridhoi oleh Allah SWT," ujar Kasmarni.
 
Kasmarni juga mengungkapkan bahwa untuk proses pendaftaran sudah sesuai prosedur dan protokol yang ditetapkan KPU terkait Covid-19 dan juga bukti keseriusannya maju di Pilkada Bengkalis. 
 
"Insya Allah proses pencalonan ini menjadi awal yang baik untuk melangkah kedepan," ungkap Kasmarni.***(za/sl)