Fhoto : Wakil Sekretaris Pemuda LIRA Riau, Khairil Anuar ST M Si

Dihari Yang Bersejarah, Masih Banyak Ditemukan Bendera Setengah Tiang Tidak Berkibar

Pekanbaru, Suaralira.com -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta instansi pusat dan daerah serta seluruh masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020. Sedangkan esok hari, bendera dikibarkan satu tiang penuh.

Anjuran itu tertuang dalam surat edaran penyelenggaraan upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2020. Surat edaran ini juga ditandatangani Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim.

"Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh," demikian isi surat edaran tersebut.

Namun hasil tinjauan Wakil Sekretaris Pemuda LIRA Riau, Khairil Anuar ST M Si dan team dilapangan pada Rabu (30/9/2020) sekitar pukul 10.00 Wib, ditemukannya pada Kantor Pemerintahan, kantor swasta dan perumahan masih banyak yang tidak mengetahui akan surat edaran yang menyatakan pengibaran bendera setengah tiang pada hari ini Tanggal 30 September 2020 yang memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia 55 Tahun lalu, banyak pahlawan kita gugur karena kekejaman Gerakan 30 September PKI.

Oleh karena itu, melalui Sejarah Bangsa Indonesia yang memperjuangkan kesaktian Pancasila, seyogya nya kita sebagai Generasi Penerus bangsa dapat Mengingatkan Sejarah Bangsa sebagai dasar Bangsa menuju Bangsa yang Besar.

Salah satu cara untuk dapat mengingat sejarah bangsa, kita harus memasang bendera setengah tiang pada tanggal 30 September dan di tanggal 01 Oktober mengibarkan bendera satu tiang penuh setiap Kantor Pemerintah, Kantor Swasta dan rumah masyarakat, tanda kita ikut memperingati hari Sejarah Bangsa indonesia.

Akan tetapi, saat di lapangan berbeda, masih ditemukan banyak wilayah perumahan, perkantoran Pemerintah dan Swasta, mengabaikan pemasangan bendera setengah tiang, apakah dikarenakan lupa atau tidak mengetahui hari ini Tanggal 30 September 2020 adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. "Sebut Khairil.

Semoga kita tidak mengabaikan hal sepele hanya pemasangan bendera, tapi memiliki makna besar dalam pemasangan bendera setengah tiang, kita berharap kepada Pemerintah khsusus Kota Pekanbaru dapat mengajak, menghimbau dan mengawasi Masyarakat, agar perkantoran Pemerintah maupun swasta untuk dapat memasang bendera setengah tiang, jangan sampai nanti suatu saat kita melupakan sejarah Bangsa kita sendiri. "Harapnya.

Mari lah kita saling mengingatkan kepada semua, sebagai tanggung jawab kita sebagai anak bangsa untuk anak cucu kita sebagai Generasi penerus Bangsa, tidak lupa akan Sejarah Bangsa Indonesia yakni Gerakan 30 S PKI dan Hari Kesaktian Pancasila. "Tutup Wakil Sekretaris Pemuda LIRA Riau, Khairil Anuar ST M Si. (fa/sl)