Kapolda Riau Bersama Forkopimda Lakukan Peninjauan TPS di Rohul dan Dumai

Pekanbaru, Suaralira.com -- Dengan menggunakan Helikopter, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI beserta Forkopimda Riau melakukan kunjungan ke wilayah Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Dumai pada hari H pencoblosan suara Pilkada serentak (9/12).
 
Tiba di Pasir Pangarayan, rombongan disambut Bupati bersama Forkopimda Rohul langsung menuju ke TPS 10 di Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah.
 
Turut dalam rombongan  tersebut Wakil Gubernur Provinsi Riau Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution S Ip, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Riau Hardianto SE, Danlanud Riau Marsma TNI Ronny Irianto Maningka ST MM, Danrem 031/Wirabima Brigadir Jenderal TNI M Syech Ismed, Wakajati Riau Daru Trisardono SH MH dan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan S Ag M Pdi.
   
Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution S Ip mengatakan tujuan peninjauan untuk memastikan berjalannya protokol kesehatan dan pelaksanaan penggunaan hak pilih masyarakat.
 
“Tujuan Kita turun ke Daerah untuk melihat proses pelaksanaan pencoblosan apakah sudah menerapkan protokol kesehatan dan memastikan masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai aturan”, ujar Edy Natar.
 
Sementara itu Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya mengatakan bahwa Kepolisian bersama TNI memberikan jaminan keamana bagi seluruh masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.
 
“Alhamdulillah hingga proses pemungutan suara ini situasi secara umum dapat dikendalikan, aman damai dan tertib protokol kesehatan. Pihak Kepolisian bersama TNI menjamin situasi kondusif dan aman selama proses tahapan Pilkada, oleh karenanya kami mengharapkan kepada masyarakat agar bersama sama mensukseskan Pilkada serentak lanjutan yang aman dan damai dengan mematuhi protokol kesehatan”, terang Irjen Agung.
 
Selesai kunjungan di Rohul, Kapolda beserta rombongan melanjutkan penerbangan menuju Kota Dumai.
 
Tiba di Dumai, Kapolda Riau dan rombongan melakukan kunjunhan ke TPS 23 di Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur.
 
Ditempat tersebut rombongan disambut Forkopimda Kota Dumai, Direktur Samapta Polda Riau, Kombes Faried Zulkarnaen Sik sebagai Ketua Tim Pamatwil dari  Polda Riau, serta penyelenggara Pilkada Kota Dumai.
 
Dalam kesempatan peninjauan TPS tersebut Kapolda mengatakan kesiapan personel TNI Polri dengan dukungan aplikasi Dashboard Lancang Kuning. “Kesiapsiagaan Personil TNI-Polri dalam melaksanakan Pengamanan TPS, dimana khusus Personil Polri Jajaran Polda Riau dalam melakukan pengamaman TPS dilakukan monitoring melalui dukungan Aplikasi DAshboard Lancang Kuning berdasarkan titik koordinat”, terang Agung.
 
“Agar dalam pelaksanaan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS tetap mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19”, pesan Jenderal bintang dua yang syarat inovasi tersebut.
 
Diakhir kunjungannya, rombongan Memberikan Parsel makanan dan minuman kepada petugas TPS 023. (hms/J Manik/sl)