DLH Bekerjasama Dengan Kodim 0302/Inhu Lakukan Sosialisasi Dan Tanam 170 Pohon Tepian DAS

Suaralira.com, Rengat - Dinas Lingkungan Hidup Kab. Inhu bekerjasama dengan Kodim 0302/Inhu gelar sosialisasi lingkungan hidup Bertempat di Aula MAKODIM 0302/Inhu dilanjutkan dengan penanaman pohon di Tepian sungai Indragiri JL.Ahmad Yani Kelurahan Sekip hilir Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (21/08/2024).

Kepala Dinas lingkungan hidup kabupaten inhu Ory Anang wibisono, SE. Yang di wakili oleh Kabid Lingkungan Hidup Rasmi Adelsri, SE.
Dalam sambutan yang sekaligus memaparkan dirinya yang mewakili Kadis sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas inisiatif dan kepedulian yang di tunjukkan oleh komandan kodim 0302/Inhu.

Selanjutnya juga kepada seluruh jajaran dalam menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon ini yang menjalin kerjasama antara TNI dan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan khususnya di Daerah aliran sungai Indragiri.

Ini adalah contoh nyata dari sinergi yang produktif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara dalam melakukan penghijauan yang salah satunya Melakukan upaya penanaman pohon.

Upaya ini adalah bagian dari tanggung jawab kita bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi mendatang,"ungkapnya.

Memberikan mamfaat yang luar biasa terhadap pohon yang kita jangka pendek, tetapi juga jangka panjang, kita semua memliki peran penting dalam memastikan bahwa pohon pohon ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik"terang Adel

"Tidak hanya itu akan tetapi juga  memberikan manfaat yang optimal bagi lingkungan sekitar dan semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik dan memberikan dampak positif bagi lingkungannya" Tutup Adel.

Sementara saat sosialisasi Komandan Kodim 0302/Inhu Letkol Inf Emick Chandra Nasution M.P.M,dalam sambutanya yang dibacakan Kasdim 0302/Inhu Mayor Inf Kabul dalam hal ini mewakili Komandan Kodim mengatakan, kegiatan pembinaan lingkungan hidup yang bertemakan “Bersatu Dengan Alam Untuk Indonesia Hijau”.

"Langkah dan Program ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kelestarian lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran

Terganggunya keseimbangan alam salah satunya disebabkan oleh berkurangnya habitat tumbuh tumbuhan yang di sebabkan oleh pasatnya pembangunan dan kebutuhan manusia akan tempat tinggal.

Atas nama kodim 0302/Inhu, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dalam rangka program pembinaan lingkungan hidup, kegiatan ini di harapkan dapat tercapainya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara fungsi lingkungan dan manfaatnya"tutup Kasdim.

Usai sosialisasi tersebut dilaksanakan  rombongan ke lokasi penanaman di tepian sungai Indragiri,Jumlah Pohon yang di tanam berjumlah 170 batang, terdiri dari 60 batang pohon trembesi, 40 batang potong petai, 20 batang pohon durian, 20 batang pohon jati putih, 30 batang pohon alpukat.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya komandan kodim 0302/Inhu yang di wakili mayor Inf Kabul (Kasdim 0302/Inhu), Kepala dinas lingkungan hidup yang di wakili Rasmi Adelsri, SE.(Kabid lingkungan hidup), Lettu Inf Musdaliansyah (Pasi Ter kodim 0302/Inhu), Lurah desa sekip hilir yang di wakili Pujiono, SE, ketua kwarcab pramuka yang di wakili Bachtiar, AB (Waka Sapras),Babinsa jajaran, perwakilan mahasiswa ITB Indragiri serta anggota pramuka.(Pr5as.sl)