Ket Foto : Yondri Kordinator FM memberikan arahan kepada Karyawan XL sebelum melakukan Simulasi K3 Damkar

Antisipasi dan pencegahan terjadinya kebakaran, XL Center Pekanbaru lakukan Simulasi

Pekanbaru, Suaralira.com -- Guna mengantisipasi dan pencegahan  terjadinya kebakaran, seluruh karyawan XL Center pekanbaru melakukan simulasi dan pelatihan K3 pemadam kebakaran, Sabtu (20/03/2021) diarea gedung XL Center pekanbaru.
 
Kegiatan yang dihadiri Regional FM Sum 2 juga diikuti oleh seluruh karyawan XL, Security, OS, Teknisi, dan CRR dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan.
 
Tujuan dari simulasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran tersebut  untuk memberikan pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran.
 
Sekalian juga untuk mengingat kembali simulasi latihan yang telah pernah diajarkan oleh Dinas Pemadam kebakaran kota pekanbaru disaat memberikan pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran serta memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan Hidrant kepada seluruh karyawan XL Center Pekanbaru.
 
“Kemudian untuk mengecek semua peralatan pemadam kebakaran seperti hydrant, Alat Pemadam Api Ringan  (APAR), dan Alat Pemadam Api Berat (APAB) lainnya apa masih layak pakai. Sehingga personil akan memahami tugas dalam menanggulangi kebakaran".
 
Pelatihan Internal ini dilakukan untuk mempersiapkan personil agar bisa menghadapi penanggulangan jika terjadi insiden kebakaran.
 
Melalui upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan seluruh personel di lingkungan area kerja, sehingga tindakan pencegahan kebakaran dapat dilakukan secara maksimal.
 
Untuk mencegah kebakaran akibat kelalaian manusia, personil atau karyawan harus mengecek hal-hal yang kemungkinan bisa menyebabkan kebakaran sebelum meninggalkan ruangan kerja.
 
Sehingga melalui pelatihan singkat tersebut setiap personil dan karyawan yang mengetahui ada kebakaran dapat mampu mengoperasikan alat pemadam api ringan maupun alat pemadam api berat. (Zha/sl)