Kebakaran Pajak Lama Perbaungan, Bupati Sergai : 'Tahun Depan Kita Bangun Kembali'

Serdang Bedagai, Suaralira.com -- Tindak lanjut Pasar Lama Perbaungan yang hangus terbakar beberapa waktu lalu akhirnya mendapat titik terang. Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai akan membangun kembali bangunan pasar tahun depan.
 
Hal itu diungkapkan oleh Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya saat memberikan bantuan tali asih kepada pedagang di Kantor Camat Perbaungan, Selasa (5/10/2021). 
 
"Seperti yang sudah kami ungkapkan sebelumnya, Pasar Lama Perbaungan di Jalan Kenanga ini akan kita bangun kembali. Insya Allah tahun depan sudah jadi pasarnya. Soal bantuan ini, kami mohon jangan dilihat dari jumlahnya," ungkapnya.
 
Bupati mengucapkan terima kasih kepada para pedagang yang telah berkomitmen untuk membantu Pemkab menata Kota Perbaungan dari sisi pasar dengan tidak berjualan di luar bangunan yang akan dibangun nantinya.
 
Pasalnya, Pemkab bukan hanya melakukan revitalisasi bangunan gedung pasar namun juga akan melakukan pengaspalan di ruas Jalan Kenanga dimana selama ini dipenuhi oleh pedagang kaki lima (PKL).
 
"Kalau kita bersinergi, tata kota akan lebih baik. Bangunan Pasar Lama akan kita revitalisasi sehingga pedagang yang berjualan bisa mendapatkan tempat lebih baik," ucapnya di hadapan pedagang dan tokoh masyarakat setempat.
 
Bupati juga menepati janjinya untuk memberikan izin  pedagang berjualan sementara di lokasi bekas kebakaran. Izin ini ditandai dengan berdirinya tenda bantuan yang telah diberikan kepada para pedagang.
 
Ketua DPRD Sergai Riski Ramadan pun mengamini dan mendukung langkah Bupati Darma Wijaya dalam melakukan perbaikan tata kelola Pasar Lama menjadi lebih baik lagi. 
 
"Kami Ini bentuk sinergitas kita bersama antara Bapak Bupati, Polres, DPRD, dan pedagang. Kesepakatan bersama ini mudah-mudahan membuahkan hasil baik bahi kota Perbaungan dan imbas baik untuk pedagang juga. Pasar lebih rapi, berjualan lebih tenang. Apalagi saat ini Sergai sudah turun di level 2 dan semoga semakin turun," ucapnya.
 
Senada dengan Ketua DPRD, Kapolres Serdang Bedagai AKP Robin Simatupang juga akan mendukung dan melakukan pengamanan dalam pembangunan pasar.
 
"Kami mengawal pembangunan khususnya di Serdang Bedagai. Baik itu pasar yang akan dibangun kembali oleh Pak Bupati sampai jalan yang akan diperbaiki. Jadi para pedagang tenang dan sabar," tambahnya.
 
Sebelumnya, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Roy Christian Paul Sitorus Pane melaporkan bahwa kebakaran melahap 200 kios dimana hanya terdapat 20 pedagang aktif yang telah diverifikasi menjadi korban.
 
"Dari hasil verifikasi kami, pedagang aktif berjumlah 20 orang. Pedagang aktif ini diartikan bahwa Bapak ibu yang benar-benar berjualan di hari kebakaran dan  menjadi korban. Jadi bukan pemilik kios atau sebagainya," terang Roy.
 
Ia juga menjelaskan pedagang yang akan mengisi bangunan baru pasar lama adalah pedagang kering atau pakaian.
 
"Ke depannya Pajak Lama akan dialokasikan menjadi Pasar Kering atau bukan sembako, dan akan ditata menjadi lebih baik lagi,” terangnya. (Darman S/sl)