Kapolda Riau Terima Gelar Kehormatan Adat Datuak Bandaro Alam, Kapolda Riau : Insya Allah Akan Saya Jaga Dengan Baik

TELUK KUANTAN, Suaralira.com -- Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSi  menerima gelar kehormatan Adat dari Pemangku Adat di Kabupaten Kuantan Singingi  sebagai  Datuak Bandaro Alam, Kamis (18/11/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuantan Singingi.
 
Ikut mendampingi Kapolda Riau Dirsamapta, Kabid Propam Polda Riau,  Kapolres Kuantan Singingi,  Wakapolres serta para Kabag, kasat, Forkopimda Kuansing serta para perwira dan Polsek jajaran se Kuantan Singingi.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kuantan Singingi, Pj Sekda Kuansing, para asisten, para Kabag dan para Kepala Organisasi perangkat Daerah.
 
Dalam sambutannnya, Kapolda Riau menyampaikan terima kasih, yang sebesar - besarnya atas anugrah gelar kehormatan adat  yang di terima nya ini.
 
"Ini merupakan kehormatan dan anugrah bagi Saya, insya Allah akan di jaga dengan sebaik- baiknya," terang Kapolda.
 
Kepada wartawan Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kasubag Humas AKP Tapip UsmannSH menyampaikan turut berterima kasih  kepada para para pemangku adat terutama Datuk - Datuk atas penebalan gelar kehormatan adat kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSi sebagai Datuk Bandaro Alam.
 
"Untuk mensukseskan tugas- tugas  kepolisian dilapangan, peran para pemangku adat terutama Datuk - Datuk sangatlah penting. Terutama dalam menjaga Harkamtibmas di tengah - tengah masyarakat," ucap Kapolres Kuansing melalui Kasubag Humas.
 
Selanjutnya, pada kesempatan itu juga,  Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Amby menyampaikan bahwa Penebalan  gelar kehormatan Adat Kuantan Singingi kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK M Si berdasarkan  musyawarah adat bersama para pemangku adat  terutama  Datuk - Datuk yang berada di rantau Kuantan dan Rantau Singingi se Kabupaten Kuantan Singingi beberapa hari yang lalu.
 
Sebagaimana di sampaikannya dihadapan para Datuk - Datuk dan pemangku adat se Kuantan Singingi Plt Bupati Kuantan Singingi  Suhardiman Amby  Datuk Panglimo Dalam mengucapkan selamat datang di Kuantan Singingi negeri bermarwah Kuantan Singingi.
 
"Saya mengucapkan selamat datang Bapak Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSi di bumi pacu jalur negeri bermarwah Kuantan Singingi," Ucap Suhardiman Amby Datuk Panglimo dalam Plt Bupati Kuantan Singingi.
 
Pada kesempatan itu juga, Datuk Panglimo Dalam Suhardiman Amby menjelaskan  beberapa hal yang menjadi  pertimbangan atas penebalan gelar kehormatan adat kepada Kapolda Riau adalah sebagai berikut, Pertama, berkat dukungan Polri  Pilkada  di Kuantan Singingi tahun 2020 dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif terlaksana dengan baik.
 
Kedua, berjasa dalam mengatasi ancaman kebakaran hutan dan lahan dengan melouncing dasbor lancang kuning sebagai upaya mendeteksi dini terhadap ancaman Karhutla di Riau khususnya Kuantan Singingi.
 
Pertimbangan yang ketiga, kata Datuk Panglimo Dalam adalah dukungannya dan berjasa dalam komitmen melestarikan hutan dari kegiatan illegal loging demi kelestarian budaya pacu jalur dan usaha untuk antisipasi terhadap ancaman bencana alam di Kuantan Singingi.
 
Selanjutnya, usai pengalungan selendang tanda penebalan gelar kehormatan adat dari pemangku adat Kuantan Singingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSi secara resmi menyandang gelar Kehormatan Datuk Bandaro Alam. (Hms/J Manik/sl)