Elektabilitas Partai Demokrat dan AHY Melejit di Urutan Kedua

Rokan Hulu, Suaralira.com – Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) kembali meluncurkan hasil survei nasional yang bertajuk Performa Pemerintah dan Tren Elektoral Terkini baik Partai Politik maupun Capres.
 
Khusus untuk survei partai politik, Partai Demokrat terus melejit. Kini berada di urutan kedua tepat di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
 
PDIP meraih dukungan 24,92 persen kemudian disusul oleh Partai Demokrat di urutan kedua yang moncer di 18,83 persen serta pada posisi ketiga ada Partai Golkar yang mendapatkan 13,09 persen.
 
Terkait elektabilitas calon presiden (capres) 2024. Hasilnya Ganjar Pranowo berada di tingkat teratas disusul Agus Harimurti Yudhoyono sang Ketua Umum Partai Demokrat dan Anies Baswedan S. 
 
Survei dilakukan pada 27-31 Agustus 2021 dengan total 1.200 responden. Responden itu tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung.
 
Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sementara itu, margin of error survei ini 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
Ada sembilan tokoh dalam bursa capres yang dipaparkan dalam survei ini. Hasilnya Ganjar Pranowo, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Anies Baswedan berada pada di tiga posisi teratas.
 
Hasil suara ketiganya juga tidak jauh berbeda. Yakni sama-sama berada di angka 16 persen. Prabowo Subianto, yang biasanya berada di posisi teratas, justru menurun dalam survei ini. Prabowo berada di urutan keempat.
 
Jika Pilpres dilakukan hari ini, terdapat 16,92 persen responden memilih Ganjar Pranowo, yang membuatnya unggul dari semua kandidat setelah pada periode survei CISA sebelumnya didominasi oleh Anies Baswedan, yang harus puas berada di posisi ketiga dan mendapatkan suara 16,75 persen,” kata Direktur CISA Herry Mendrofa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/9/2021).
 
“Sementara itu, posisi kedua terus dipegang AHY yang terus menunjukkan konsistensi kenaikan elektabilitasnya dengan meraup 16,83 persen. Prabowo Subianto justru menunjukkan penurunan elektabilitas dari survei sebelumnya,” lanjut Herry.
 
Simak lengkap hasil survei elektabilitas capres versi CISA:
 
Ganjar Pranowo 16,92%
AgusHarimurti Yudhoyono 16,83%
Anies Baswedan 16,75%
Prabowo Subianto 10,08%
Airlangga Hartarto 7,58%
Ridwan Kamil 5,92%
Sandiaga Uno 5,08%
Muhaimin Iskandar 5%
Puan Maharani 3,67%
Tidak Tahu 12,17%
 
Selain itu, CISA merilis survei terkait kinerja menteri di masa pandemi. CISA memaparkan dua pertanyaan, yakni siapa menteri yang bekerja optimal dan siapa menteri yang belum bekerja optimal selama pandemi Covid-19. (clc). (sl)