Ket Fhoto : MAN 1 di Desa Tualang Baro, Tualang Cut, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, malam tadi pukul 21.55 Wib, Kamis (28/04/22) terbakar.

Sekolah MAN 1 Tualang Baro Manyak Payed Aceh Tamiang Terbakar

Suaralira.com, ACEH TAMIANG (NAD) -- Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 di Jalan Lintas Nasional Aceh–Medan atau tepatnya di Desa Tualang Baro, Tualang Cut, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang.  Malam tadi pukul 21.55 Wib, Kamis (28/04/2022), terbakar.
 
Informasi yang berhasil dihimpun, api diketahui pada pukul 21.55 diduga akibat korsleting listrik pada kabel diatas atap gudang sekolah MAN 1.
 
Menurut salah seorang warga dan juga saksi mata, Muhktar (40), sebelum terjadi kebakaran, terlihat ada percikan api pada kabel diatas atap gudang. 
 
Diduga percikan itu telah memicu kebakaran sehingga api melalap gudang, ruangan Tata Usaha dan ruang Kepala Sekolah yang saling berdampingan di sekolah MAN itu. 
 
Warga setelah melihat adanya api yang mulai besar, langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran Aceh Tamiang yang beberapa waktu kemudian sekitar pukul 22.15, tiba ditempat kejadian bersama 3 unit Damkar untuk memadamkan kebakaran tersebut.
 
Kebakaran berhasil dipadamkan pada pukul 22.55 WIb oleh petugas Damkar Aceh Tamiang personil Babinsa Koramil 06 /Mpy Serda Agus Lulu dari satuan Kodim 0117/Aceh Tamiang bersama personil Bhabinkamtibmas Polsek Manyak Payed Polres Langsa.
 
Kepala sekolah MAN 1 Manyak Payed Saidi SPdi (50) yang tiba di lokasi didampingi Ka Jamaluddin (49), mengatakan, pemicu kebakaran di duga berawal dari korsleting listrik diatas atap gudang. 
 
Menurut Saidi, karena gudang tersebut berdampingan dengan ruangan Tata Usaha dan ruang Ka Sekolah, maka api ikut melalap dua ruangan itu.
 
Dua unit Komputer dan 1 Unit Laptop bersama 3 Unit Printer serta sejumlah dokumen Arsip penting ludes terbakar, "ungkapnya. 
 
Untuk sementara,  kerugian matrial atas musibah ini diperkirakan puluhan juta rupiah, tutup Ka Sekolah MAN 1 Saidi. (Tarmizi Puteh/sl)