Masyarakat Dihinbau Agar Waspadai Gejala Virus PMK Pada Ternak

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 01/Rengat, Serda Hadi S melakukan monitoring peternakan sapi milik Rio (38) di desa kota lama Kecamatan Rengat barat, Rabu (12/10/2022).
 
Sesuai instruksi dan arahan Dandim 0302/Inhu, Letkol Kav Dani Prasetyo Wibiwo S Sos kepada personilnya untuk mengerahkan Babinsa di setiap wilayah binaan untuk turun langsung memantau kondisi kesehatan ternak sapi, kerbau, dan kambing di sejumlah peternakan warga.
 
Intruksu ini bertujuanya, untuk mencegah penyebaran virus PMK dengan memperhatikan gejala terjangkitnya ternak oleh virus tersebut.
 
"Masyarakat atau peternak disarankan agar selalu menjaga kebersihan kandang dan memperhatikan kesehatan hewan ternaknya dan mengantisipasi datangnya ternak sapi, kerbau, dan kambing dari desa lain, "kata Serda Hadi S.
 
Lebih lanjut, bagi warga yang mendapati gejala ternak seperti air liur berlebihan, lepuh (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah), dan gejala lainnya, agar segera melaporkan ke petugas.
 
Berdasarkan pantauannya dan petugas terkait, kondisi ternak sapi sehat dan belum ditemukan gejala virus PMK, "tandasnya.(P4as/sl)