Walau Dinilai Tak Ada Dari PMK di Desa Binaan Babinsa Tetap Mengecek Ternak

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Tetap Lakukan Pengecekan pada hewan ternak Babinsa Koramil 01/Rengat Serma Syafril Arwin terus lakukan pemantauan ternak, pada kesempatan kali ini Babinsa kunjungi ternak  Kambing milik warga  RT 2 RW II Dusun 1 Jalan Sosial  Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi ternak hari Jum'at (18-11-2022).
 
Komandan Koramil  01/Rengat Kapten Inf Ardiyasman memberikan perintah kesemua Babinsa yang ada dibawah tanggung jawabnya untuk mengetahui bagai mana kondisi kesehatan hewan ternak yang ada diwilayah tugas dan tanggung jawab masing-masing para Babinsa.
 
Dengan seringnya turun kelapangan sehingga para Babinsa dapat mengetahui kondisi yang riil dan nyata dan juga bisa mengambil langkah-langkah bila terjadi sesuatu dilapangan.
 
Pengawasan Penyakit Mulut dan Kuku jika ada yang menyerang hewan ternak seperti Sapi, Kerbau, Kambing maupun ternak lainnya. Seperti yang dilaksanakan Babinsa Talang Jerinjing kelokasi kandang milik bapak Desim yang memelihara Kambing berjumlah 20 ekor. 
 
"Saya perintahkan semua para Babinsa masih kata Danramil untuk memonitor diwilayah tugasnya masing-masing dan juga turun langsung untuk memantau kesehatan ternak yang ada, apakah ada ternak yang sakit". Katanya. 
 
Karena saat ini masih ada diwilayah lain ternak yang terpapar PMK. Kegiatan ini harus dicek kesemua kandang-kandang ternak yang ada. Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan ternak  yang sakit dan kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK," Papar Danramil.
 
Hal yang sama juga dilakukan pemantauan hewan ternak,Babinsa berdialog dengan pemilik ternak Kambing Dasim. Dalam dialognya tersebut ada pertanyaan yang disampaikan oleh Dasim tentang cara mendapatkan Vitamin bagi ternaknya dengan harga yang lebih murah.
 
hasil dialog tersebut dengan menerima informasi dari warga Babinsa berkoordinasi dengan Koordinator Dinas peternakan ditingkat Kecamatan Alber dengan hasil team Dinas Peternakan akan turun langsung kelokasi para peternak dengan membayar administrasi Rp 10.000,-/ekor. 
 
Selanjutnya Setelah menerima informasi tersebut Dasim merasa senang dan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang menfasilitasi dengan Dinas terkait, "ucapnya.
 
"Untuk saat ini hasil pantauan dan pengecekan langsung oleh Babinsa dari Kandang kekandang ternak milik warga  baik Sapi maupun Kambing akan tetapi tidak menemukan adanya ternak yang terjangkit penyakit PMK, semua ternak yang dinyatakan dalam keadaan sehat-sehat. (P4as/sl)