Harga Pupuk Melambung Tinggi, Petani Sayuran Mengeluh

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Persiapkan dan Wujudkan ketahanan pangan, Babinsa Koramil 01/ Rengat Dandim 0302/Inhu Serka Feddy Darmansyah melakukan pendampingan terhadap petani sayuran kacang panjang di RT 32 Kel Kampung Besar Kota Kec Rengat.
 
Komsos yang slalu dilaksanakan membicarakan bagaimana hasil pertanian sehingga produksi jagung bisa meningkat dan harga jual yang bagus, ini upaya yang dilakukan  dalam mewujudkan ketahanan pangan diwilayah binaan.
 
Pendampingan kepada para petani merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab aparat teritorial guna menyukseskan program Pemerintah tentang swasembada  pangan, "ucapnya.
 
Raskalim selaku petani sayuran kacang panjang mengungkapkan dengan adanya Babinsa turun kelapangan dan melihat langsung petani para petani, saya mewakili petani yang lain mengucapkan banyak terimakasih.
 
Ternyata tidak hanya peran Babinsa selaku pembina dan pengayom bisa melihat juga mendengarkan keluhan petani,terkait harga pupuk melambung tinggi, racun dan obat obatan untuk petanian, "ucap Basirun.
 
Sebagai petani lanjutnya saya sangat mengharapkan adanya penyuluhan dari PPL atau dari dinas pertanian,selama ini kami bercocok tanam hanya mengandalkan pengalaman kami saja, kalau pun ada penyuluhan dari dinas pertanian atau PPL sangat membantu kami sebagai petani kecil ini, "terangnya.
 
Seperti tanaman kacang panjang yang kami tanam hanya untuk selingan saja, tidak bisa di tanam terus menerus di karenakan kami memiliki keterbatasan lahan garapan, maka dari itu kami hanya mengandalkan satu jenis tanaman saja sehingga habis panen baru bisa menanam tanaman". Keluhnya. 
 
"Tolong dengarkan dan mana penyuluhan dari PPL pertanian.kehadiran dan kedatangan Babinsalah yang selalu mendengarkan keluhan para petani  khususnya petani  tanaman sayuran dan berusaha untuk mendengarkan keluhan dan mencarikan solusinya." Paparnya. 
 
Saat ini masih kata petani kacang panjang  harganya lumayan tinggi disebabkan pasokan sayuran kacang panjang kurang, penanam kacang panjang lebih mudah perawatannya dibandingkan tanaman  yang lain,tapi kami kesulitan dalam masalah pupuk dan bibit, "tandanya. (P4as/sl)