Pelihara Kemampuan Serta Profesionalisme Lapangan, Kodim 0302/Inhu Gelar Latorsar

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Dalam rangka menunjang dan mengasah kemampuan Prajurit TNI AD, khususnya Personel Kodim 0302 /Inhu menggelar Latihan Perorangan Dasar Umum teritorial yang bertempat di kodim 0302/Inhu Jalan Letjen R Suprapto kelurahan sekip Hulu  Kec Rengat Kab Indragiri Hulu diikuti oleh personil sebanyak 85 orang, Kamis (26/01/2023). 
 
Latihan perorangan dasar merupakan latihan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan perorangan militer dasar agar mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan fungsi serta perannya, oleh karena itu latihan harus dilaksanakan sesuai tingkat kecakapannya dalam menguasai materi militer umum materi teritorial  di sesuaikan dengan Standarisasi kemampuan Prajurit yang sudah diatur oleh satuan atas.
 
Dandim 0302 /Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo SSos M.l.P melalui Danramil 04 Kapten Inf H.B Sitepu selaku Komandan Latihan Perorangan Dasar Teritorial mengatakan, untuk menunjang kemampuan para anggota  Kodim 0302 /Inhu, nantinya materi latihan yang diberikan dari teori hingga praktek dapat dilaksanakan dengan baik, "harapnya.
 
Sementara Pasiops Kodim 0302 /Inhu Kapten Inf Bambang khosasi Tarigan kepada suarakira.com dilapangan menyampaikan bahwa Latihan perorangan dasar (Latorsar) merupakan Program pembinaan latihan untuk meningkatkan kemampuan prajurit Kodim 0302 /Inhu.
 
"Baik secara perorangan maupun satuan sesuai bidang ketrampilannya guna mencapai standar kemampuan untuk menunjang tugas pokok Satuan". Ungkapnya. 
 
“Latorsar di laksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perorangan militer dasar, guna menunjang tugas sesuai tingkat kecakapan dalam menguasai teknis militer umum dan teknis militer kecabangan. 
 
Materi yang dilaksanakan mulai dari pengetahuan dan keterampilan Perorangan Dasar Umum Teritorial sesuai BPUP 1 sampai dengan 7/Teritorial dan BPUP 5 sampai dengan 7 Intel, pelaksanaan mulai dari teori di ruangan dan praktek di lapangan,” papar Kapten Inf Bambang khosasi tarigan.
 
"Lebih lanjut, Kapten Inf Bambang khosasi tarigan juga menyampaikan kepada seluruh prajurit, Program ini di laksanakan sesuai ST Latihan yang diturunkan Komando atas, di harapkan kepada seluruh prajurit mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya karena melalui pembinaan latihan yang di berikan dapat menjadi bekal bagi prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan, "terangnya.
 
“Dan yang terpenting dalam kegiatan ini adalah perhatikan faktor keamanan, karena keberhasilan latihan selain pemahaman setiap materi oleh pelaku juga keamanan personel maupun material menjadi faktor utama dalam mendukung keberhasilan latihan ini,” tutupnya. (p4as/sl)