Aktifitas Pelabuhan Sungai Siak Membawa Berkah Bagi Banyak Orang dan Mengurangi Angka Pengangguran

Suaralira.com, Pekanbaru -- Terbentang panjang aliran sungai Siak yang berada kota Pekanbaru Riau, hingga melewati beberapa kabupaten kota di provinsi Riau, menyimpan cerita unik tersendiri bagi banyak orang.
 
Selain menjadi aktifitas jalur tranportasi bagi masyarakat dari Pekanabaru ke beberapa kabupaten di provinsi Riau, ternyata sungai Siak menyimpan segudang cerita baru atas fungsi dari sungai Siak tersebut.
 
Beberapa cerita hasil investigasi media kelapangan terhadap beberapa pengusaha yang mengunakan/ memanfaatkan sungai Siak berusaha "pengusaha yang berinisial H bertutur, aktifitas yang terjadi di sepanjang aliran sungai Siak selama ini ternyata menyimpan manfaat tersendiri bagi banyak orang. Yang pertama aliran sungai Siak dapat membantu pemerintah kota Pekanbaru dalam mengurangi angka pengangguran, dimana dengan aktifnya aktifitas beberapa pengusaha disepanjang sungai Siak mereka dapat mempekerjakan puluhan orang untuk dipekerjakan sebagai bongkar muat barang dan berjualan warung kecil-kecilan.
 
Fungsi kedua manfaat sungai Siak "sebagai alat transportasi pengiriman barang ke beberapa beberapa kabupaten dan pulau- pulau kecil. Aktifitas ketiga beberapa pengusaha dapat mencari rezeki dari pengunaan sungai Siak. 
 
Hal senada juga disampaikan salah satu pengusaha kapal kayu pengangkut barang yang berinisial 'A' yang berhasil ditemui awak media di hotel Grand Elit kota Pekanbaru. Ia membenarkan, saya sudah ikut menjalankan usaha pengangkutan barang lewat kapal kayu yang saya miliki. Awal merintis sudah banyak mengalami asam garam selama ini.
 
Hidup rukun antar sesama pemilik kapal dan masyarakat adalah menjadi ciri khas kita, tak luput lewat kesehatian kita dengan para pekerja di kapal kita, kita sama- sama mendapatkan rezeki dari sana, kapten kapal sampai anggotanya dapat rezeki dan tak luput saya juga menikmati rezeki tersebut, ucap pengusaha A kepada awak media.
 
Namun tak luput pemerintah juga aktif melakukan control terhadap aktifitas pelabuhan sungai Siak melalui syahbandar. Bahkan, Selain Syahbandar kantor Bea cukai Pekanbaru berperan aktif untuk melakukan control, untuk memastikan aktifitas pengusaha disepanjang sungai Siak. Pihak aparat Kepolisian juga berperan aktif disepanjang sungai Siak dengan mendirikan Pos khusus untuk pelabuhan sungai Siak.
 
Aktifitas sepanjang sungai Siak, masyarakat sekitar yang menuturkan, aktifitas sebagai transpor air yang digunakan beberapa pengusaha sudah berlangsung puluhan tahun silam bahkan ratusan tahun silam, tinggalnya dengan kemajuan zaman, bentuk pengelolaannya mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Berbaur dari berbagai ragam pengusaha, selama ini pengusaha sepanjang sungai Siak hidup dengan rukun dan damai , serta tetap mentaati aturan dan peraturan dari pemerintah daerah maupun dari pihak Bea cukai dan aparat Kepolisian. (Zha/St/sl)