Babinsa Ingatkan Peternak Agar Waspada Penyakit PMK Meyerang Hewan Ternak

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serda Handoko melaksanakan Komsos bersama Rahmad (41) yang merupakan peternak Sapi di Desa Tanah Datar Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu, Senin (06/03/2023).
 
Dalam Komsosnya, Serda Handoko kepada suaralira.com menyampaikan bahwa saat ini telah terjadi beberapa kasus tentang maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, sehingga menjadi kekhawatiran baru ditengah masyarakat, "ujarnya.
 
"Penyakit ini rentan menulari hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan babi" jelasnya. Kekhawatiran tersebut juga disampaikan oleh Rahmad salah satu warga Desa Tanah Datar yang memiliki hewan ternak.
 
Masih dalam kegiatan komsosnya, Serda Handoko berpesan kepada peternak agar selalu memperhatikan faktor kebersihan kandang, sebagai salah satu cara pencegahan dini supaya tidak tertular penyakit tersebut.
 
"Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor apa bila hewan ternak mereka mengalami sakit, sehingga dapat segera ditanganani oleh dinas kesehatan hewan agar tidak terjadi penularan terhadap hewan lain", hinbau Babinsa. (P4as/sl)