Tekan Penyebaran PMK, Babinsa Rutin Sambangi Secara Langsung Ternak Warga Binaan

Suaralira.com, Rengat - Penyakit mulut dan kuku (PMK) merupakan wabah virus penyakit hewan yang tingkat penularannya sangat cepat dan cukup tinggi menyerang semua hewan yang berkuku belah termasuk hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing. Sabtu (03/06/2023). 
 
Bisa dilihat dari Ciri-ciri hewan yang sudah terkena virus PMK akan terlihat lemah, lesu, kaki pincang, air liur berlebihan, mulut melepuh tidak mau makan. 
 
Hal ini sangat meresahkan dan pastinya merugikan para peternak. Keresahan tersebut juga dirasakan oleh para peternak di Desa Kuantan Babu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Riau.
 
Babinsa Desa Kuantan babu Serma Sumarno Koramil01/Rengat Secara rutin melaksanakan pemantauan guna memastikan kondisi kesehatan hewan ternak yang menjadi warga binaan yang berada di Desa Kuantan Babu untuk mengantisipasi penyebaran virus PMK. 
 
Agar tidak meluas apa Lagi sekarang sudah mendekati hari Raya Qurban di khawatirkan banyak pedagang sapi memasukan sapi dari luar yang sudah terjangkit PMK. 
 
“Meskipun sekarang penyebaran virus PMK sudah mulai mereda, namun diharapkan para peternak untuk tetap menjaga kesehatan hewan ternaknya dari mulai kebersihan kandang sampai asupan makanannya. 
 
Apabila hewan ada yang tidak sehat, segera hubungi dinas kesehatan atau mantri hewan agar segera mendapatkan penanganan dan diberikan vaksin, Sebab vaksin yang diberikan pada hewan bisa membantu memberikan kekebalan terhadap Hewan ternak sehingga tidak mudah terserang penyakit termasuk PMK, apabila ada hewan yang sakit segera dipisahkan agar tidak terjadi penularan pada hewan lainnya” 
 
Lanjut Serma Sumarno Babinsa Desa Kuantan Babu berpesan kepada warga Binaannya agar apabila membeli sapi untuk hewan Qurban agar benar benar teliti jangan sampai terkena penyakit PMK agar tidak terjadi kerugian karena kalau hewan yang sakit tidak bisa untuk menjadi hewan Qurban"tutupnya.(Pr4as/sl)