Babinsa Cek Hewan Ternak Sapi Pasca Lebaran

Suaralira.com, Rengat - Dalam upaya mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)paska lebaran Idul Adha,anggota Koramil 01/Rengat Peltu Erwinuddin melaksanakan pengecekan hewan ternak sapi,di Kelurahan Kampung Dagang, Jum'at (30/06/2023).
 
Peltu Erwinuddin kepada suaralira.com mengungkapkan,paska lebaran idul adha kita tetap melaksanakan pengecekan hewan ternak yang masih belum di antar kepada pemesan agar hewan ternak sapi ini betul-betul dalam kondisi sehat apa lagi hewan ternak sapi ini di datang dari luar daerah kita. 
 
Pengecekan langsung ke kandang kita tidak menemukan hewan ternak milik warga yang terjangkit PMK,kita hanya memastikan hewan ternak tersebut aman,akan tetapi saat kita cek di temui tanda-tanda hewan ternak terkena PMK kita juga akan langsung menghubungi petugas kesehatan hewan untuk segera ditangani.
 
Selanjutnya dirinya mengimbau warga untuk segera melapor apabila ada hewan ternaknya yang mengalami gejala PMK,tidak perlu takut untuk melapor kan jika ada,karena ini semua demi peternak dan peternak lain,ujarnya.
 
Kepedulian peternak dan keberanian untuk segera melaporkan sedini mungkin kepada petugas terkait ketika ditemukan gejala PMK,sehinga bisa dengan segera dilakukan penanganan,agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi peternak itu sendiri.
 
Menurutnya, selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari,sebagai Babinsa kami juga ditugaskan untuk membantu melakukan pencegahan penyebaran PMK yakni dengan memantau,mengecek dan menangani bersama petugas serta instansi terkait lainnya.
 
Sebagai upaya untuk memutus penyebaran PMK. Selain imbauan dan penyemprotan perlu juga dilaksanakan vaksinasi terhadap hewan ternak yang ada seperti yang sudah pernah dilakukan di beberapa daerah, guna mempercepat penanganan PMK."tutupnya(Pr4as/sl)