Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Lakukan Sosialisasi dan Patroli Pencegahan Terjadinya Karhutla

Suaralira.com, Rengat -- Koramil 01/Rengat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Babinsa Koramil 01/Rengat melaksanakan patroli Karhutla di Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu, Senin (04/09/2023).
 
Saat patroli, Babinsa juga mengedukasi warga untuk mencegah Karhutla. Mereka menghimbau kepada masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar."katanya.
 
Bagi masyarakat yang sedang membersihkan lahan dingatkan agar menjaga api apabila sedang membakar agar tidak terjadi kebakaran. Begitu juga, ketika membuang puntung rokok agar dipastikan benar-benar padam sebelum membuangnya.
 
Patroli Karhutla ini secara rutin dilaksanakan oleh Babinsa di wilayah Koramil 01/Rengat untuk memantau titik api. Masyarakat juga diajak peduli dengan lingkungan guna mencegah terjadinya karhutla.
 
"Apabila masyarakat melihat atau menemukan orang yang dengan sengaja ataupun tidak dengan disengaja membakar lahan atau hutan, segera laporkan kepada aparat di Desa. 
 
Baik itu kepada Babinsa, Babinkamtibmas maupun unsur perangkat desa lainnya agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti," tegasnya. Kerja sama semua pihak perlu untuk mencegah Karhutla.
 
Selain itu juga ditekankan bahwa "Ini lingkungan kita, hutan kita, jadi kita ajak masyarakat sama-sama peduli dengan lingkungan," Pesan Babinsa(Pr4as/sl)