Sudah Mulai Panas, Babinsa Terus Giatkan Patroli Karhutla ke Desa Binaan

Suaralira.com, Rengat - Kondisi cuaca beberapa minggu ini sudah menunjukkan panas Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu turun melaksanakan kegiatan Patroli dan Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 
 
Dengan menyisir di Wilayah binaan terhadap lahan-Lahan, Hutan dan Kebun milik Masyarakat di Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat.
 
Sekira pukul 08.30 WIB anggota patroli gabungan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) meninjau lahan, hutan dan kebun milik masyarakat yang rawan terjadi kebakaran pada musim kemarau ini, Selasa (19/09/2023).
 
Pada pelaksanaan patroli tersebut tidak ditemukan adanya titik api dan asap di lahan, hutan dan kebun di tanah milik masyarakat. Akan tetapi Petugas terus lakukan patroli terus mensosialisasikan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat.
 
Terkait tentang penanganan karhutla masyarakat diminta untuk “Hindari melakukan pembakaran lahan, hutan dan kebun pada musim kemarau yang akan mengakibatkan kebakaran”kata Babinsa.
 
“Kegiatan tim ini meliputi monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah, melakukan groundcheck hotspot apabila terdeteksi muncul hotspot, lakukan pemadaman dini jangan sampai api membesar,”tambahnya.
 
Rutinitas dalam kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla diharapkan upaya pencegahan karhutla di tingkat tapak yang akan semakin sinergis.
 
Upaya terpadu dimaksud perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan secara bertahap mencari solusi bagi pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi.(Pr4as/sl)