Cek Langsung Kelapangan, Babinsa Pastikan Ternak Milik Warga Binaan Aman dari PMK

Suaralira.com, Rengat - Untuk mencegah perkembangan penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi ternak  Sapi, Kerbau dan Kambing yang ada didesa Talang Jerinjing. Babinsa perlu melaksanakan Komsos untuk memantau perkembangan ternak tersebut yang ada di wilayah tugas dan tanggung jawabnya. 
 
Dengan melaksanakan Komsos ini dilaksanakan oleh Serma Syafril Arwin hari Jum'at tanggal 22-09-2023 bertempat di Dusun 5 jalan Pengairan desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Pantauan pada sekarang ini memang tidak ada lagi ternak yang terpapar penyakit PMK. Namun kita tetap waspada terhadap penyakit ini. Karena disamping memantau PMK Babinsa juga memantau perkembangan ternak secara menyeluruh, baik kesehatan, perkembangannya 
 
Tidak hanya itu,kata Serma Syafril Arwin
Kepada suarakira.com dirinya juga tak luput juga menperhatikan tentang makanan dan kebersihan kandang tempat ternak betistirahat. 
 
Sambil melaksanakan komsos Babinsa juga melakukan pengecekkan dan pemantauan ternak yang ada disekitar maupun secara umum didesa Talang Jerinjing tidak ditemukan ternak yang terpapar penyakit maupun PMK,
 
Walaupun belum ada yang terpapar penyakit PMK ini tidak boleh kita anggap tidak serius, bagaimanapun sudah banyak contoh bagi desa-desa disekitarnya maupun didesa kita sendiri berapa bulan terdahulu. 
 
Saat sekarang ini  kita  telah berhasil menjaga tidak ada lagi ternak kita yang terpapar penyakit mulut dan kuku. Karena itu Babinsa turun langsung mengecek kelokasi dimana ternak warga dipelihara, biar kita pastikan bahwa ternak tersebut dalam keadaan aman dari PMK maupun penyakit lainnya.
 
Babinsa berdialok dengan salah satu warga yang betnama ibu Fitri pada saat itu mengantikan suaminya mengembalakan ternak sapinya.dikatakanya bahwa saat ini dirinya miliki ternak sebanyak 12 ekor dan berniat akan dikembangkanya .
 
Prinsip buk fitri jika jika sapi peliharaan yang lahir anaknya betina akan dipelihara supaya bisa berkembang usaha ini kita jalankan untuk kebutuhan serta kuliah sang anak karena suaminya bekerja serabutan tidak menutupi kebutuhan"ujar Fitri. 
 
Saat itu Babinsa juga mengingatkan supaya agar para peternak jangan lupa selalu cek kesehatan ternaknya dan memberikan Vitamin supaya ternak tetap sehat. 
 
Aktifitas Babinsa rutin lakukan Komsos ini Semoga bisa saling membantu antara pihak TNI dengan masyarakat sehingga tercipta kemanunggalan TNI dan Rakyat. " Ungkap Babinsa(Pr4ss/sl)