Babinsa Selalu Ingatkan Warga Tentang Bahaya Penyakit Mulut dan Kuku Pada Ternak

Suaralira.com, Rengat - Serka Sarwaidi selaku Babinsa Kelurahan Pematang Reba selalu ingatkan warga Untuk menjaga kesehatan hewan terutama Sapi di wilayah Binaannya, Selaku Babinsa Kelurahan Pematang Reba yang sehari-harinya ada di wilayah binaannya  tak bosan-bosannya untuk mengingatkan warga tentang bahaya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. 
 
Hal ini di lakukan Babinsa Koramil 01/Rengat,  merupakan upaya untuk mencegah supaya jangan sampai terjadi PMK pada hewan peliharaan warganya. 
 
Berdasarkan dan sesuai instruksi dan arahan Danramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu kepada Babinsa yang ada di setiap wilayah binaan supaya turun langsung memantau kondisi kesehatan hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing di sejumlah peternakan warga yang ada di wilayah binaan masing-masing.
 
Hal ini bertujuan, untuk mencegah penyebaran virus PMK di wilayah binaan masing-masing. Babinsa bersama warga di harapkan juga supaya selalu memperhatikan gejala hewan yang terjangkit virus PMK tersebut.
 
Warga atau peternak sapi dan kerbau disarankan oleh Babinsa agar selalu menjaga kebersihan kandang dan tetap memperhatikan kesehatan hewan ternaknya juga harus mengantisipasi datangnya ternak sapi, kerbau, dan kambing dari desa lain yang masuk.
 
Di samping itu Babinsa juga mengingatkan bagi warga yang mendapati gejala ternaknya seperti gejala adanya air liur berlebihan, lepuh (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah), dan gejala lainnya, agar segera melaporkan ke petugas atau ke Babinsa supaya dapat di ambil tindakan yang tepat.
 
Pada saat ini Berdasarkan pantauan Babinsa dan petugas terkait, kondisi ternak sapi di willayah binaan Babinsa Serka Surwaidi ternak yang ada sehat semua dan belum ditemukan gejala virus PMK. Tutup Babinsa.(Pr4as/sl)