Pj.Walikota Muflihun,S.STP. MAP dan Istri Raja Rila Muflihun, Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Kepala SDN 18, Kepala SDN 20 Ketua PGRI Kota Pekanbaru, Ketua Komite SDN 18 serta tamu undangan lainnya

Pagelaran dan Pawai Bhineka Tunggal Ika SDN 18 dan SDN 20 Pekanbaru 2023

Suaralira.com, Pekanbaru — Pj.Walikota Pekanbaru Muflihun. S.STP., M.AP. buka "Pagelaran dan Pawai Bhineka Tunggal Ika" memperingati Sumpah Pemuda yang ke-95 di SDN 18 dan SDN 20 Pekanbaru 2023. 

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 18 Kota Pekanbaru dengan Kepala Sekolah Dessyana. Juga SD Negeri 20 Pekanbaru dengan Plt.Kepala Sekolah Susi Susanti,M.Pd. Dimana sekolah ini merupakan sekolah satu kompleks.

Dalam Pagelaran dan Pawai Bhineka Tunggal Ika memperingati "Sumpah Pemuda" Kamis (2/11) Pj.Walikota hadir didampingi Ibu Raja Rila Muflihun.

Kepala SDN 18 Dessyana menuturkan dalam sambutannya bahwa mengucapkan terima kasih kepada Pj. Walikota Pekanbaru Bp.Muflihun SSTP.MAP yang telah hadir dan ikut mensukseskan acara ini.

Juga turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru DR.H.Abdul Jamal,MPd, Ketua LPM Kota Pekanbaru Sarjoko,SE juga sebagai Ketua Komite SDN 18, Ketua PGRI Kota Pekanbaru Abdul Gafar,M.Pd, Camat Senapelan, Kapolsek Senapelan diwakili, kepala Puskesmas Senapelan, Lurah se Kecamatan Senapelan.

Beberapa Kepala Sekolah di Kota Pekanbaru yang juga turut menghadiri acara ini serta seluruh guru dan karyawan serta siswa dan siswi SDN 18 dan SDN 20 Jl. Kulim No.73, Kp. Baru, Kec. Senapelan Kota Pekanbaru yang berlokasi satu Kompleks sekaligus diramaikan juga orangtua siswa.

Momen ini guna meresapi makna inti dari persitiwa bersejarah kembali tersaji di hari Kamis tgl.2 November 2023. Dimana Pj Walikota Pekanbaru langsung hadir adakan Pagelaran Bhineka Tunggal Ika Hari Sumpah Pemuda 2023 ini, yang diperingati tiap tanggal 28 Oktober kembali menggema. Membangunkan, menyadarkan, dan mengingatkan kembali akan peran pemuda-pemudi penerus peradaban bangsa.

Kamis (2/11/2023) pagi ini sedikit terlihat berbeda, "ujar Dessyana turut didampingi Ketua LPM Kota Pekanbaru kebetulan juga Ketua Komite di SDN 18 Sarjoko dalam wawancaranya langsung kepada awak media suaralira.com dilokasi Pagelaran.

Pj.Walikota Pekanbaru Muflihun. S.STP., M.AP. di Pagelaran Hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 dua Sekolah Dasar Negeri 18 dan SD Negeri 20. Biasanya seragam sekolah yang dikenakan oleh peserta didik, kini justru lengkap yang mewarnai halaman sekolah lapangan utama dengan berbagai corak pakaian adat nasional.

Dessyana merasa senang dan gembira karena acara berjalan meriah, ramai dan sukses berkat dukungan semuanya baik itu Kepala SDN 20 Susi Susanti,MPd serta Ketua Komite kedua sekolah ini.

Pagelaran Bhineka Tunggal Ika sekaligus Pawai Karnaval keliling ini terlaksana dengan baik. Juga ada Gelar Karya Projekt Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Bazar SDN 18 Pekanbaru dihalaman sekolah.

Disamping untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda juga guna mensosialisasikan Kurikulum Merdeka dalam hal P5 yang telah diajarkan.

Pj Walikota dalam sambutan Pagelaran dan pelepasan Pawai karnaval pelajar SDN 18 dan SDN 20 diikuti Guru Guru serta orangtua Siswa menuturkan. 

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini tidak hanya menjadi momen sejarah, tetapi juga momentum untuk memotivasi Generasi Penerus Anak Bangsa dimana Kota Pekanbaru kota kelahiran Pj.Walikota dengan beragam etnis dan suku. 

Kita memberikan apresiasi kepada Kepala SD Negeri 18 dan Kepsek SDN 20 sekaligus Kepada Kedua Ketua Komite Sekolah karena sebagai inisiator bisa menggagas kegiatan Pagelaran Sumpa Pemuda sehingga acara ini terselenggara dengan sangat luar biasa, "ujar Pj.Walikota.

Dimana dengan semangat Sumpah Pemuda tepatnya bahwa sumpah pemuda memunculkan Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Indonesia.

Juga Pekanbaru Kota yang penuh dengan etnis dan beragam budaya

Makanya kota Pekanbaru dikenal dengan etnis melayunya makanya kita perlu bersama sama untuk membangun kota yang dicintai ini dengan semangat berkolaborasi dengan kebersamaan.

Banyak hal hal yang menjadi perhatian kita bersama baik sampah yang tidak selesai selesainya. Begitu juga pendidikan setiap tahun selalu saja anak anak belum semuanya dapat tertampung dan bersekolah, "ujar Pj.Walikota. (Jheff/sl)