Kasdim 0302/Inhu Wakili Dandim 0302/Inhu Hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah

Suaralira.com, Inhu - Acara Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 dilaksanakan di Ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Kabupaten Indragiri Hulu Telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 Senin tanggal 6 November 2023 sekira Pukul 09.00 Wib di Kecamatan Rengat Barat. 
 
Dihadiri oleh Hj. Dewi Deva Yanti, SH, MH ( Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kab. Inhu) Mayor Inf Kabul
( Kasdim 0302/Inhu) ,Ipda Bagariang, SH ( Kanit Tipiter Polres Inhu ,Hj. Isnidar ( Kadis Ketahanan Pangan Kab. Inhu)
Perwakilan Masing-masing OPD dilingkungan Pemda Kab. Inhu. 
 
Pada acara tersebut Luki Alpirman (direktur Jendral Perimbangan Keungan  RI ) dalam sambutanya menyampaikan sebelumnya di ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak menteri dalam negeri dan seluruh jajarannya yang telah memfasilitasi kegiatan ini yang senantiasa  mengawal monitoring mengenai inflasi setiap minggunya izinkan kami secara singkat melaporkan pelaksanaan kegiatan pada hari ini. 
 
Dikatanya ada 2 tujuan utama pada kegiatan ini yakni pertama terkait dengan adanya Untuk meningkatkan partisipasi pemerintah daerah dalam mengendalikan tingkat inflasi di daerah.l yang selanjutnya yang kedua Untuk memberikan penghargaan kepada daerah yang telah baik dalam pengendalian inflasi di daerah"ungkapnya..
 
Selanjutnya juga untuk memacu dari daerah lain agar semakin terpacu untuk meningkatkan kinerjanya khususnya terkait pengendalian harga inflasi di daerahnya."terangnya.
 
Untuk tahun 2023 kinerja tahun berjalan kategori pengendalian inflasi daerah diberikan kepada pemerintah daerah yang berdasarkan hasil telah bekerja dengan baik dalam mendukung pengendalian inflasi.
 
Diketahui bersama pada tahun ini telah diberikan dua kali yang intensitifical terkait dengan inflasi daerah dengan total paku sebesar  Rp.660 miliar oleh KMK No 400 tahun 2003 telah ditetapkan 34 daerah penerima alokasi insektisikal atau anggaran tahun 2023. 
 
Tidak hanya itu juga tentang Kategori penilaian inflasi daerah untuk periode ketiga yang terdiri dari 3 provinsi, 6 kota dan 25 kabupaten pada periode ketiga ini atau terakhir di tahun 2023 ini kalau lokasi yang diberikan adalah sebesar total Rp.340 miliar dengan alokasi tertinggi sebesar Rp.11,9 miliar rupiah dan terendah sebesar Rp.8,6 miliar."paparnya.
 
Sementara penilaian terkait kinerja terhadap pemda ada empat kategori yakni adapun kerja Pemda yang dinilai ada 4 yaitu 1.merupakan peringkat inflasi capaian hasil dari upaya pergantian inflasi daerah ke dia tentang pelaksanaan 9 upaya yang menunjukkan upaya menginvasi pangan yang telah dilakukan oleh Pemda.
 
Untuk yang ketiga kepatuhan penyampaian laporan kepada Kemendagri yang menunjukkan jumlah laporan harian yang disampaikan Pemda dalam hal inflasi pangan dan kabupaten kota dari kabupaten kota terakhir ke empat adalahbhasil realisasi belanja jadi inflasi terhadap totalnya anggaran belanja daerah"tutupnya.(Prasetyo/sl)