Melalui Rapat Paripurna DPRD, APBD Inhu Tahun 2024 Disahkan Dengan Catatan

Suaralira.com, RENGAT – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tentang Pengesahan Perda APBD Inhu tahun 2024, Rabu (29/11/2023).
 
Rapat Tersebut berlangsung di Aula Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Inhu Jalan Batu Canai Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat sekira pukul 17.21 WIB
 
Hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Inhu Drs. H. Junaidi Rachmad M.Si, Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura SH. MH, Wakil Ketua (Waka) II DPRD Inhu Rosman Yatim, perwakilan Polres Inhu Kabag Ren Kompol Hendri S.Sos, MH, Perwakilan Kodim 0302 Inhu Pasi Ter Kapten Inf Aplison, Kasi Intelijen Kejari Inhu Muhammad Ulinnuha SH dan Perwakilan Pengadilan Negeri (PN) Inhu Manidar SH, MH.
 
Juga hadir Sekda Inhu Ir. H. Hendrizal M.Si, Sekwan Inhu Afrizal Dharma SE, Staf Ahli Evi Irma Junita S.KM, M.Kes, Para Asisten I H. Syahruddin S.Sos, MT, para Kepala OPD, Direktur RSUD Indrasari dr. M. Sobri, Para Anggota DPRD Inhu, Para Kabag, Kabid dan Camat se Kabupaten Inhu.
 
Rapat Paripurna Wakil II DPRD Inhu dipimpin oleh Rosman Yatim dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada wakil bupati dan rekan rekan anggota dewan serta para hadirin yang telah memenuhi undangan guna mengikuti rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan Perda APBD Inhu tahun 2024.
 
Berdasarkan laporan dari Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Inhu, bahwa dari 40 Orang Jumlah Anggota DPRD Inhu yang hadir 27 Orang dan yang tidak hadir 13 orang, mengacu peraturan dewan, maka Rapat ini bisa kita lanjutkan untuk dilaksanakan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Dalam Rangka Pengesahan RANPERDA APBD Kabupaten Inhu Tahun Anggaran 2024.
 
Selanjutnya mewakili Badan Anggaran Mulyanto Amd menyampaikan bahwa sidang ini berdasarkan UU NO 23 Tahun 2014 tentang APBD yang diajukan oleh kepala daerah, badan pemerintah daerah disebutkan bahwa salah satu fungsi DPRD adalah fungsi anggaran yang diwujudkan dalam pembahasan untuk persetujuan bersama.
 
“Terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Inhu tahun 2024 telah diajukan Bupati Inhu pada tanggal 14 November 2023 maka Pembahasan Ranperda tentang APBD Inhu tahun 2024 merupakan suatu prosedur pembahasan yang dilaksanaa oleh Badan Anggaran (BANGGAR) bersama TPAD dan OPD"ujarnya 
 
Bahwa dengan tetap bertitik tolak pada tekat dari komitmen untuk menyusun rancangan APBD Tabun 2024 yang berkualitas, efisien dan berpihak kepada kebutuhan masyarakat."ucapnya 
 
“Sesuai dan tetap menjaga 3 pilar tata pengelolaan keuangan daerah yang baik, secara transparan, akuntabilitas dan partisipasi sesuai sebagaimana dengan yang diamanatkan oleh peraturan pemerintah no 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah,”terangnya
 
Selanjutnya dengan Ranperda tentang APBD tahun 2024 yang telah disampaikan oleh Bupati Inhu kepada DPRD guna ditindak lanjuti sebagai Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD tahun 2024.
 
“Berdasarkan bahwa pendapatan Daerah sebesar Rp 1.329.431.177.049,meliputi diantaranya tentang Belanja daerah sebesar Rp. 1.463.818.288.824,dengan jumlah pembiayaan Rp. 134.387.111.775 selanjutnya dilakukan pembahasan oleh banggar melalui pokja sesuai OPD masing-masing,” paparnya
 
Dalam pembahasan terkait Pendapatan Daerah dan Belanja Daerah serta melihat dari jumlah pembiayaan yang ada tidak ada perubahan perubahan hanya beberapa OPD sedikit perubahan akan tetapi ada beberapa catatan catatan yang harus di perhatikan oleh OPD"kata Mulyanto. 
 
Wabup Inhu Drs.Junaidy Rahmad pada sambutan mengatakan dan mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Inhu atas pelaksanaan sidang paripurna terkait pengesahan RANPERDA APBD Inhu tahun anggaran 2024 l. 
 
Memang ada berbagai dinamika saat proses pembahasan telah lalui dengan semangat serta menjunjung nilai-nilai kebersamaan,sehingga penetapan APBD Inhu Tahun Anggaran 2024 dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama"tutur Wabup
 
Tentunya dengan selesainya pembahasan tersebut maka eksecutive mengapresiasikan kepedulian dan dukungan yang telah diberikan oleh anggota dewan yang terhormat selama melakukan pembahasan tersebut. 
 
Sehingga pembahasan yang dilakukan  untuk target-target program dan kegiatan yang telah direncanakan serta diprogramkan untuk tahun 2024.
 
Ucapan terima kasih dan apresiasi juga kami sampaikan kepada seluruh perangkat daerah, Terutama TAPD, yang telah bekerja keras ikut melakukan pembahasan bersama rekan-rekan legislatif selama ini. 
 
“Dengan apa yang di rencanakan dapat tercapai dengan baik, tepat sasaran dan akuntabel demi tercapainya visi mewujudkan kabupaten Inhu yaitu merajut keterpaduan untuk masyarakat Indragiri Hulu lebih sejahtera, "tutup Wabup (Prasetyo/SL)