Tidak Ingin Kerugian Besar Dialami Masyarakat, Babinsa bersama instansi Terkait Cek Kesehatan Hewan Ternak Warga

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Peltu Erwinuddin menghimbau kepada warga nya yang memiliki hewan ternak terdampak banjir untuk memeriksakan hewan ternaknya untuk mencegah hewan ternak nya terkena virus PMK mau pun Penyakit lain nya.
 
Antisipasi paska banjir biasanya rumput untuk pakan ternak masih mengandung bibit penyakit yang dibawa material banjir.kegiatan ini di laksanakan Babinsa pada Minggu(30/12/2023) bersama Bapak Missyamsu Alber pengawas mutu bibit ternak/paramedik keswan, IB,PKB dan ATR di Kelurahan Kampung Dagang.
 
Ditemui oleh suaralira.com Peltu Erwinuddin mengatakan,usai banjir biasanya hewan ternak baik jenis unggas,sapi maupun kambing rawan terserang penyakit di tambah lagi mulai banjir sampai surut nanti:ucapnya.
 
Banyak nyamuk pun banyak berkembang biak yang juga membahayakan bagi ternak yang di pelihara,apa lagi biasanya banjir juga membawa bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi ternak di tambah lagi dengan masih ada nya virus PMK terhadap hewan ternak. 
 
Guna untuk mencegah semua itu Babinsa bersama Paramedik Keswan Bpk Missyamsu Alber turun untuk mengajak,menghimbau dan melakukan pengecekan terhadap hewan ternak yang baru di beli mau pun yang sudah lama di pelihara peternak untuk di periksa kesehatan nya agar betul-betul aman dari virus PMK. 
 
"Selain itu juga penyakit setelah banjir,apa lagi setelah banjir ancaman bagi peternak rumput yang di ambil biasa nya mengandung  zat beracun maupun bibik penyakit yang lain nya.
 
Selanjutnya bisa saja penyakit datang karena perubahan cuaca, makanan dan nyamuk tidak menutup kemungkinan disertai virus PMK rentan menyerang pada hewan ternak juga karena disebab kan setres,untuk itu kita juga berharap kepada peternak untuk tetap menjaga kebersihan kandang mau pun sekitar kandang agar hewan ternak nyaman di kandang sehinga aman dari penyakit-penyakit yang membahaya kan bagi hewan ternak yang di pelihara,"paparnya.
 
Sementara akibat banjir banyak kandang yang terendam yang letak nya memang rendah dan dekat dengan pingir sungai,walau pun kandang terendam banjir peternak harus pandai menyikapi situasi yang terjadi saat ini,salah satu nya hewan ternak bisa di ungsikan ke jalan yang ada dan tidak terkena banjir agar hewan ternak aman.ungkap Erwinuddin(pr4as/sl)