Sinergritas Tampak Terjalin Antara Babinsa dan Bhabinkantibmas Saat Melaksanakan Komsos Dengan Aparat Desa

Suaralira.com, Rengat - Tujuan Komsos dengan perangkat desa secara langsung hasilnya akan lebih efektif, karena hasil pengarahan atau informasi dari Babinsa, dapat disebarluaskan langsung kepada warganya dan juga sebaliknya.
 
Babinsa bisa mendapatkan informasi dan mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi warga binaannya.
 
Peltu Herman Waluyo anggota Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa Pekan Heran rutin dalam melaksanakan Komsos bersama Bhabinkantibmas dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat, tepatnya di Desa Pekan Heran Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu Riau.
 
Untuk diketahui bersama, bahwa Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter) guna mencapai kesepahaman dan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat bersama seluruh Komponen Bangsa di wilayah.
 
Babinsa Pekan Heran Peltu Herman Waluyo menjelaskan, dengan kegiatan komsos yang dilakukan bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat itu bertujuan agar jajaran Koramil lebih mendekatkan diri dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah binaannya.
 
"Selain itu, Peltu Herman mengungkapkan, jika kegiatan Komsos tersebut bertujuan meningkatkan keamanan dan silaturahmi dengan warga binaannya. Sekaligus untuk mengetahui kondisi dan perkembangan di masyarakat.
 
Menurutnya, melalui kegiatan Komsos akan terjalin silaturahmi yang baik dengan warga binaan akan tercipta suasana yang nyaman dan sejuk, sehingga memperlancar tugas keseharian sebagai Babinsa di wilayahnya.
 
Diakui, dengan Komsos pihaknya juga dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah desa binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini, sehingga apabila ada hal-hal negatif yang berkembang bisa cepat diselesaikan.
 
“Apapun yang terjadi di wilayah binaan tentunya seorang Babinsa dapat mengetahuinya dan mengerti duduk persoalannya dengan baik dan apabila terjadi sesuatu hal di lingkungan desa binaan.
 
maka segera untuk dikoordinasikan dengan aparat terkait, supaya permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan dengan bijak," pungkas Peltu Herman.(Pr4as/sl)