Babinsa Rutin Pantau dan Cek Langsung Hewan Ternak Milik Warga Terkait PMK

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Sertu Suroso melaksankan pemantauan sekaligus melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi milik warga binaan.
 
Bertempat di Desa Pematang Jaya dusun Sai Baung 2 Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu Jumat 15/03/2024).
 
Saat mengunjungi salah satu kandang sapi milik warga kepada suaralira.com Babinsa mengungkapkan, kegiatan ini kita lakukan sebagai upaya antisipasi serta memantau kesehatan hewan ternak terkait wabah PMK. 
 
Yang saat kemaren sangat meresahkan masyarakat terutama yang memiliki hewan ternak.
 
Kami Babinsa - Babinsa turun ke desa binaan serta melihat secara langsung hewan ternak, agar kita dapat memastikan kesehatan hewan yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK”, jelasnya.
 
Setiap Babinsa juga secara rutin melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.
 
“Kepada warga supaya tidak perlu takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mulut.
 
Jika ditemui tanda tanda tersebut harus cepat melaporkan kepada instansi terkait,” pesannya. (Pr4as.sl)