Dandim 0302/Inhu Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 Jelang Induk Fitri 1445 H/2024.

Suaralira.com,Rengat - Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat 2024" dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H/2024 M dan Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024.
 
Upacara tersebut Hari Rabu Tanggal 03 April 2024 sekira Pukul 08.00 Wib Bertempat di Lapangan Apel Mapolres Inhu dan Gedung Sejuta Sungkai Jl. Ahmad Yani Kelurahan Skip Hilir Kecamatan. Rengat Kabupaten Inhu.
 
Kegiatan tersebut langsung sebagai Pimpinan Apel AKBP Dodi Wirawijaya, S.I.K ( Kapolres Indragiri Hulu).Komandan Apel : Ipda Dayat ( Kanit Resigen Polres Inhu ) dan sebagai Perwira  Apel : AKP Fajri ( Kasat Lantas Polres Inhu )
 
Kegiatan apel tersebut juga dihadiri oleh Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos., M.I.P ( Dandim 0302 / Inhu),AKBP Dodi Wirawijaya, S.I.K ( Kapolres Indragiri Hulu),Ir.H.Hendrizal M,Si ( Sekda Kab. Inhu , Romiyasi SH ( Kepala Kejaksaan Negeri Inhu ), Farudin ( Perwakilan Kementrian Perhubungan  Kab. Inhu ),Mulyadi ( Badan Penangulanagan Bencana Daerah ), Rendi Rahman .S.I.P ( Kabid Ops dan Pengamanan Satpol PP ), Haris ( Perwakilan Jasa Raharja Kab. Inhu ).Jawalter, S.M.Pd ( Kadis Perhubungan ),Irfan Luffih ( Perwakilan PPK Kab. inhu ), Andreas ( Perwakilan Bulog Kab. Inhu ), Erqusfian, S.Sos ( Kadis Perindustrian Dan Perdagangan Kab. Inhu ), Nengsi Lusiana Damanik ( Perwakilan BMKG Kab. Inhu ), juga hadir Para Kabag, Kasat, Kanit dan Kapolsek Jajaran Polres Inhu.
 
Dalam amanatnya Kapolres Inhu pelaksanaan Apel Gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder 
 
Selanjutnya, Sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. 
 
Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa ”Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali,kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei. 
 
Oleh sebab itu, saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.”
 
Guna Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel.
 
Pelaksanaan selama 13 hari terhitung dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024.
 
Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. 
 
Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.
 
Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas jalan serta Penyeberangan selama arus Mudik dan Arus balik Lebaran.
 
Sinergi dan koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan stakeholder terkait harus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman 
dan nyaman. 
 
Tentunya kita dihadapkan pada situasi dinamis dalam pelaksanaan pengamanan. Harus dapat pahami betul karakteristik wilayah masing-masing seperti titik rawan banjir, rawan longsor, dan rawan gangguan kamtibmas, utamanya yang berada di jalur-jalur mudik.
 
Skenario menghadapi potensi gangguan dan situasi kontijensi harus dipersiapkan secara matang disamping kamseltibcar lantas dan gangguan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bapokting serta BBM harus tetap terjaga. 
 
Tetap tingkatkan Koordinasi dan lakukan langkah-langkah bersama dengan stakeholder terkait, sehingga stok dan harga dapat tetap terjaga dan Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya idul Fitri tahun lalu.,"tutupnya.
 
Usai apel Selanjutny pimpinan Apel melanjutkan dengan acara tambahan yakni penyerahan Piagam Perhargaan Juara Lomba Tingkat Polres Inhu yang belum lama ini telah dilaksanakan
 
Pelaksanaan apel tersebut juga diikuti oleh 1 Pleton Personil Perwira Polres Inhu,1 Pleton Personil Kodim 0302/Inhu, 2 Pleton Personil Samapta Polres Inhu,1 Pleton Personil SatLantas Polres Inhu,1 Pleton Personil Gabungan Resintel Polres Inhu,1 Pleton Personil Dishub Kab. Inhu,1 Pleton Personil Kesehatan, 1 Pleton Personil Satpol PP Kab. Inhu.
1 Pleton Personil Setkom Kab. Inhu
 
Sementara persiapan juga dilengkapi dengan Alat Pelengkapan untuk Pengamanan Ops Ketupat Lancang Kuning diantaranya  Baracuda : 1 Unit, Ranmor R 4 : 10 Unit,Ranmor R 2 : 15 Unit. (Prasetyo.sl)