Babinsa Terus Lakukan Upaya Untuk Ingatkan Peternak Akan Bahaya PMK

Suaralira.com,Rengat - Untuk tetap  mengantisipasi timbulnya kembali penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayahn desa binaannya, Serda khairul adil putra Babinsa Koramil 01/Rengat melaksanakan kegiatan Anjangsana kepada peternak. 
 
Hal tersebut untuk melihat perkembangan kesehatan hewan ternak milik bapak suherman, salah satu peternak hewan sapi di  kelurahan kampung dagang  Kabupaten Indragiri Hulu-Riau. Selasa (09/04/2024).
 
Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi. Penyakit ini menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat besar terutama kepada para peternak itu sendiri.
 
Dan bagi hewan ternak yang terjangkit penyakit Mulut dan Kuku dapat mengakibatkan hewan ternak mengalami suhu badan panas tinggi, terlihat lemah serta tidak nafsu makan.
 
Dan bisa berakibat yang pada akhirnya mengalami penurunan berat badan sampai menyebabkan kematian bagi ternak tersebut. 
 
Diingatkan kepada eternak hendaknya selalu mewaspadai kembali timbulnya penyakit PMK, sebab PMK cepat penularannya dan dapat menimbulkan kematian mendadak pada hewan. 
 
"Jadi kalau ada hewan bergejala mengarah pada ciri-ciri PMK, segera melaporkan ke dinas kesehatan hewan sehingga mendapat penanganan yang tepat,” kata Serda khairul adil putra
 
Dengan adanya kehadiran Babinsa di lapangan turut dalam upaya pengecekan hewan ternak di wilayah binaan serta sebagai salah satu bentuk dukungan dan tanggung jawab bersama dalam mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak khususnya hewan sapi.
 
“ Ini sebagai upaya kita bersama agar penyebaran PMK tidak ada diwilayah Kecamatan rengat,kel kampung dagang khususnya  “. Tutupnya.(Pr4as.sl)