Datangi Peternak Untuk Sosialisasi Upaya Pencegahan Wabah PMK Babinsa Koramil 01/Rgt.

Suaralira.com,Rengat - Sebagai Upaya untuk pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) khususnya pada hewan ternak berkuku, bersama petugas kesehatan hewan melakukan kegiatan sosialisasi. 
 
"Sebagai Babinsa di Desa binaan turun langsung melakukan sosialisasi dan Pengecekan pada sapi hewan ternak milik warga yang ada di wilayah binaannya di desa Desa Sungai Baung,Kecamatan Rengat Barat. Kamis (02/5/2024)
 
Kopda S.Y Hasibuan kepada suaralira.com menjelaskan bahwa, melakukan pengecekan ke kandang ternak Sapi warga, dalam hal ini kami tidak luput memberikan sosialisasi pencegahan wabah PMK.
 
Diharapkan dapat melaporkan kepada petugas kesehatan hewan atau intansi terkait lainnya apabila ada ditemukan yg terjangkit virus PMK.
 
“Upaya pelaksanaan pengecekan sapi-sapi milik warga sudah dilakukan, ada beberapa ekor tadi sudah kami periksa, tidak kami temukan ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku,masih dalam kondisi sehat”, ucap Babinsa di desa binaanNya.
 
“Tanggung jawab sebagai Babinsa dengan tidak bosannya selalu menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas dan intansi terkait lainnya apabila ada hewan ternaknya mengalami ciri-ciri penyakit PMK. 
 
Dapat dilihat seperti mulutnya ada gatal-gatal dan penyusutan berat badannya turun drastis , agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar”, pesannya.
 
Sementara Pemilik hewan ternak agar selalu memerhatikan kebersihan kandang ternaknya supaya tetap sehat, maka kita dari itu warga pemilik ternak harus rajin membuang kotoran nya setiap hari dan menyemprot  kandang dengan menggunakan Disinfektan.
 
Hal itu dilakukan untuk membunuh Virus yang kemungkinan ada menyebar dalam kandang Sapi milik warga.
 
Ditempat terpisah Danramil 01/Rengat Kapten Inf H.B.Sitepu menegaskan bahwa, saat ini seluruh Babinsa diwilayahnya ditugaskan untuk membantu dalam usaha penanganan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) khususnya pada hewan berkaki empat.
 
“Selain tugas pokok sehari-hari Babinsa juga melaksanakan tugas pemantauan dan penanganan Penyakit PMK bersama petugas dari dinas kesehatan hewan serta instansi terkait lainnya”, ucap Danramil.
 
“Saat ini pemerintah sedang berusaha untuk memutus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku, selain himbauan dan penyemprotan juga dilaksanakan vaksinasi serta penyuntikan obat-obatan untuk menambah imun pada hewan ternak warga .
 
Danramil juga berharap dengan adanya Babinsa yang terjun langsung kelapangan setidaknya dapat membantu warga diwilayahnya untuk memantau langsung PMK pada hewan ternak milik warga “tambahnya.(Pr4as.sl)