Untuk Mencegah PMK Babinsa Lakukan Pengecekan Langsung Kandang Sapi Milik Warga.

Suaralira.com,Rengat - Babinsa harus aktip lakukan pengecekan hewan milik warga binaan sebagai upaya mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serka Surwaidi sesuai dengan perintah dari Komandan Koramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu langsung pengecekan pada peternak sapi. 
 
Seprti yang dilakukan oleh Babinsa di Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (3/7/2024).
 
Komandan Koramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu kepada suaralira.com menyampaikan bahwa pihaknya mengimbau warga untuk segera melapor apabila ada hewan ternaknya yang mengalami gejala PMK"ujarnya.
 
"Segera melaporkan sedini mungkin kepada petugas agar dilakukan penanganan, sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar " Pesannya. 
 
"Selanjuutnya ,selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari, seluruh Babinsa yang berada di bawah komandonya ditugaskan untuk membantu melakukan pencegahan penyebaran PMK, dengan memantau dan menangani bersama petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Kabupaten indragiri Hulu
 
Sementara Babinsa Serka Surwaidi melakukan pengecekan langsung kepada hewan ternak seperti hari ini, dengan mendatangi kandang Sapi milik Bapak yanto, ingin memastikan ada tidaknya gejala maupun ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi wabah PMK ini” ujar Babinsa
 
Selanjutnya, juga menyampaikan, berdasarkan hasil pemantauannya, beberapa hewan ternak sapi di kandang milik bapak yanto masih sehat dan tidak ditemukan gejala wabah PMK. 
 
Babinsa juga menghimbau, bahwa untuk mengantisipasi penyebaran infeksi PMK ini, agar para peternak rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, membersihkan kandang dan juga memberikan disinfektan.
“mudah-mudahan dengan upaya kita untuk melakukan pencegahan bisa menangkal wabah PMK ini, sehingga ternak-ternak warga semuanya sehat” pungkasnya.(Pe4as.sl)