Panitia Pelaksana PPDB Tahun Ajaran 2024-2025 SDN 18 Pekanbaru

SDN 18 Prioritaskan Perengkingan Umur Calon Siswa

Suaralira.com, Pekanbaru — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Negeri 18 Jl. Kulim No.73, Kp. Baru, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru telah dibuka sejak senin 1/7/2024 sampai kamis 4/7/2024 hari ini terakhir sesuai jadwal diatur Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Pelaksanaa PPDB tahun ajaran ini dimana sudah memasuki hari ketiga Rabu 3 juli 2024 dan ini menjadi tahun pertama SDN 18 Pekanbaru khususnya serta umumnya SDN di kota Pekanbaru melaksanakan PPDB online.

Kepala SDN 18 Dessyana,S.Pd menuturkan kepada suaralira.com bahwa Rabu 3/7 masih ada orang tua calon peserta didik untuk mendaftar secara langsung melalui online. 

Dalam hal Pendaftaran PPDB tahun ajaran 2024-2025 ini menjadi tahun pertama tentunya dan Ini menjadi hal baru bagi orang tua untuk mengunggah data ke link website," tutur Dessyana.

Melalui sistem online, seleksi peserta didik secara perengkingan umur mudah terverifikasi. Sistem website akan melakukan pendataan melalui umur yang ada sesuai tgl, bulan serta tahun kelahiran dalam akte akan terbaca anak sudah umur berapa. 

Calon siswa nantinya akan di rengking sesuai umur 7 tahun 11 bulan lebih 20 hari masih bisa masuk sesuai umur diinginkan dilihat dari tingkat umur.

Kalau jalur zonasi SDN 18 dilihat kecamatan serta dari kelurahan mana karena zonasi atau berdasarkan tempat tinggal menyesuaikan kuota yang di terima oleh sekolah untuk calon peserta didik di tahun ajaran baru ini.

Karena area lokasi sekolah jauh dari tempat tinggal makanya sekolah dasar dikecamatan senapelan menjadi prioritas hal zonasi sesuai aturan diberlakukan.

Ketua Panitia Pelaksana PPDB Tahun Ajaran 2024-2025 SD Negeri 18 Pekanbaru Junita Ika Puspita SPd, dengan Kepala Sekolah Dessyana SPd, "menyampaikan bahwa sekarang ini PPDB dilaksanakan dengan Sistem online dan ini baru pertama kali berjalan untuk dilaksanakan.

Kuota SDN 18 sebanyak 112 orang, dimana jalur zonasi 84 orang, afirmasi 22 orang, perpindahan tugas orang tua 6 orang. Sesuai total kuota siswa diterima 112 orang, "ujarnya.

Sampai hari ketiga ini kuota dari kita tentukan belum mencapai semoga dengan adanya satu hari lagi kamis 4 juli dihari keempat semoga dapat terpenuhi.

Dessyana bersama Junita beserta Panitia Pelaksana PPDB SDN 18 duduk dan siap menunggu serta membantu orangtua calon siswa untuk mendaftar dalam sistim online ini. 

"Karena dengan sistem online ini orangtua masih ada belum mengerti cara mengisi datanya sesuai persyaratan yang ada baik itu KK maupun Akte Kelahiran anak.

Sejauh ini kegiatan Panitia Pelaksana PPDB berjalan lancar dan aman untuk pendaftar sudah sebanyak 115 orang sedangkan yang sudah diverifikasi 71 orang. 

Dalam upaya melaksanakan PPDB ini Dari pihak sekolah tidak ada kendala cuma bagi orangtua calon siswa yang ingin mendaftar masih ada perlu dibantu karena mereka tidak mengerti hal sistem online ini.

Orangtua calon siswa merasa terkejut serta belum paham makanya dengan sistem online ini orangtua mendaftarkan anaknya memohon bantuan panitia dan panitia siap untuk membantu, "ujar Dessyana dan Junita.

Panitia banyak membantu dengan membuatkan akun bagi anak anak yang tidak TK melalui orangtua tentunya mereka belum mengerti cara membuat Akun serta mengupload data data yang ada untuk diisi.

Disinilah Panitia membantu membuatkan akun dan disinilah dibantu dibuatkan daftar dan scan kan KK serta Akte Kelahiran sampai pemilihan sekolah sesuai pilihan orangtua untuk calon siswa, "tutup Junita. (Jheff/R/sl)