Dandim 0302/Inhu-Kuansing Hadiri Pengukuhan Paskibraka Tingkat Kabupaten

SUARALIRA.COM, Inhu - menjelang Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) para anggota pasukan pengibar Duplikat Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Indragiri Hulu telah dikukuhkan hari Jum'at 16 Agustus 2024 oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi. SE di Gedung Dang punama Rengat.

Pelaksanaan kegiatan Upacara Pengukuhan Anggota Paskibraka Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2024 bertindak sebagai Pembina Upacara Rezita Meylany Yopi S.E ( Bupati Inhu ) dan Komandan Upacara Ristia Faradina Safira ( Anggota Paskibraka ) selanjutnya sebagai Perwira Upacara Lettu Arm Herdianto.

Hadir dalam mengikuti upacara tersebut diantaranya Letkol Inf. Emick Chandra Nasution, M.P.M ( Dandim 0302/Inhu-Kuangsing ),AKBP. Fahrian Saleh Siregar, S.I.K., M.Si ( Kapolres Inhu ),Rezita Meylany Yopi S.E (Bupati Inhu), Lia Herawati, S.H.,M.H ( Ketua Pengadilan Negeri Rengat ), Winro Tumpal. H. H. Munthe, S.H., M.H ( Kepala Kejaksaan Negeri Inhu ,Boyke David Elma Sitinjak.SE., M.Si. ( Pj. Sekda Kab. Inhu ), Afrizal Dharma, SE ( Sekwan DPRD Kab. Inhu ), Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Kab. Inhu.
Para OPD Kab. Inhu, Para Camat Sekabupaten Inhu,Panitia dan Anggota Paskibraka serta Orang Tua Anggota Paskibraka serta tamu undangan.

Prosesi Pengukuhan yang langsung membacakan Pengantar Pengukuhan dibacakan oleh Kesbanpol Kab. Inhu serta dilakukannya Pemasangan Kendit Kepada Komandan Upacara, Secara Simbolis Sebagai Tanda Pengukuhan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kab. Inhu sekaligus penyerahan Duplikat Bendera Merah Putih.

Mengawali Amanat Pembina Upacara Rezita Meylani Yopi,SE Bupati Inhu Alhamdulillah, Prosesi Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang nantinya akan menjalankan tugas mulia yang akan
Mengibarkan Sang Merah Putih pada puncak pelaksanaan upacara peringatan Hut Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu.

Atas nama pribadi dan nama Pemerintah dan masyarakat, saya mengucapkan selamat kepada adik-adik semua yang telah terpilih menjadi anggota Paskibraka tahun 2024.

Khusus untuk adik-adik adalah Putra-putri terbaik yang mendapat kehormatan untuk mengemban tugas membanggakan ini, Ini. Dan terpilih yang telah mengikuti proses seleksi, pelatihan dan persiapan yang baik. dan, saya berharap kalian semua dapat melaksanakan tugas  dengan penuh tanggung jawab.

Para Anggota Paskibraka yang dibanggakan, para orang tua dulu yakni para pahlawan dan pejuang Bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga pada tahun 1945 adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang secara simbolik sesungguhnya untuk mengibarkan sang Saka Merah Putih di Bumi Pertiwi ini.

Banyak sekali perjuangan, pengorbanan dari satu Generasi ke Generasi lain untuk mempertahankan Negara yang kita cintai Ini. sampai sekarang pun kita terus berjuang untuk mengharumkan nama Bangsa dan Negara serta mengibarkan sang Merah Putih setinggi-tingginya.

Sehingga, tugas Mulia ini untuk Mengibarkan Sang Merah Putih tepat pada tanggal  17 Agustus 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu Ini, sejatinya merupakan suatu kehormatan dan menjadi satu catatan Sejarah dalam kehidupan adik-adik.

Oleh karena itu, kita semua berdoa kepada  Allah Swt, Semoga tugas mulia ini dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya. Karena dalam upacara ini menjadi simbolis dan secara hakiki meletakan sang merah putih pada tempat yang terhormat.

Dengan telah dikukuhkanya adik adik sebagai anggota Paskibraka kab. Inhu tahun 2024 maka berakhir pula serangkaian kegiatan pendidikan dan latihan yang telah diikuti.

Sebagai Generasi muda, adik-adik akan tertanam semangat Juang pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi Kemerdekaan Indonesia. Kalian adalah cerminan dari masa depan negeri ini.

Oleh karena itu, saya berpesan kepada adik semua yakni pertama jaga kedisiplinan dan tanggung jawab tugas yang akan dilaksanakan yang membutuhkan komitmen yang tinggi dan rasa tanggung jawab kedisiplinan yang telah dipelajari selama ini dan harus menjadi pegangan dalam setiap langkah.

Kemudian tetap rendah hatibersemangat dalam belajar pengalaman, ini awal perjalanan panjang adik adik semua dan jadikan setiap pelajaran dan pengalaman sebagai baru loncatan untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi.

Ketiga jadilah teladan bagi teman-teman sebaya afik aduk telah menunjukan dedikasi dan kemampuan luar biasa ini dan jadikan ini sebagai motivasi u tuk selalu menjadi co toh yang baik di sekolah, dilingkungan masyarakat dimanapun berada.

Terakhir yakni keempat adalah
Selalu berdoa dan bersyukur dan ingatlah bahwa semua keberhasilan ini adalah anugerah dari Tuhan yang maha Esa dan selalu panjatkan syukur atas setiap langkah yang dilalui. Yang Maha Kuasa.

Usai amanat yang disampaikan Bupati Rezita langsung penanda tanganan tanda pengukuhan dan pemberian selamat kepada seluruh anggota Paskibraka langsung oleh Bupati Inhu Rezita Maylani Yopi. SE yang dihadiri oleh yang di hadiri jajaran Forkopimda Kab.Inhu

“Hari ini kita mengukuhkan anggota Paskibraka yang akan bertugas pada peringatan HUT RI Ke-79 tahun 2024 tingkat Kabupaten Inhu, tentunya kami berharap mulai hari ini sampai satu tahun kedepan dapat menjalankan tugas dengan baik”kata Bupati Rezita.

Setelah usai upacara pengukuhan saat ditemui oleh suaralira.com  Komandan Kodim 0302/Inhu-kuansing menyampaikan ucapan selamat kepada pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dikukuhkan.

Karena nantinya akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara peringatan Detik–Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024 di Tingkat Kabupaten"ucapnya.

“Selanjutnya selamat kepada adik-adik yang sudah terpilih, kaliaan harus bangga menjadi anggota Paskibraka karena ini adalah momen bersejarah, selamat bertugas berikan yang terbaik”ujar Dandim. (PRAS/SL)