Babinsa Koramil 01/Rengat Melaksanakan Pemantauan Wabah PMK Hewan Sapi Milik Warga.

Suaralira.com,Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Kopda SY.E Hasibuan melakukan pemantauan pada hewan Sapi milik warga yang kerab kali sering terjadi pada hewan peliharaan ternak Sapi milik warga Desa binaan.
 
Penularan penyakit hewan ini begitu cepat perkembangan nya.Kami Babinsa Koramil 01/Rengat yang ditugaskan  diwilayah yang menjadi tanggung jawab kami di Desa Sungai Baung Kec.Rengat Barat kab.Indragiri Hulu.
 
Serta selalu rutin dalam penanganan PMK(Penyakit Mulut dan Kuku) ini untuk mengantisipasi perembetan wabah penyakit pada hewan ini khususnya pada hewan ternak berkaki empat dan bertanduk seperti hal nya Sapi yang kami lakukan pemantauan nya.(Selasa,27 Agustus 2024).
 
Danramil 01/Rengat Kaften Inf HB.Sitepu dalam pengarahannya kepada para Babinsa dalam kesempatan ini melalui Babinsa Nya Kopda S.Y Hasibuan menjelaskan bahwa, agar selalu pantau terus dalam melakukan pengecekan ke kandang-kandang ternak hewan peliharaan milik masyarakat yang berada di desa binaan kepada para Babinsa. 
 
"Karena hal ini sudah merupakan tugas dari bersama instansi yang terkait dalam penanganan Virus PMK pada khususnya hewan berkuku belah ini.
 
Dalam hal ini kami menghimbau pada warga kami memberikan sosialisasi pencegahan wabah PMK dan melaporkan kepada petugas kesehatan hewan atau instansi terkait lainnya apabila ada tanda-tanda hewan nya terserang penyakit PMK. 
 
ini yang dapat berisiko patal nanti nya apabila sudah tertular pada hewan peliharaan milik masyarakat di pedesaan kami.Ujar Babinsa. 
 
“Upaya pelaksanaan pengecekan dan pemantauan sapi-sapi milik warga sudah dilakukan, ada beberapa ekor tadi sudah kami periksa. 
 
,pada saat pemantauan tidak ditemukan ciri-ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku,masih dalam keadaan sehat”, tambah Babinsa.
 
“Kami sebagai Babinsa tidak hentinya selalu menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa,baik itu instansi terkait lainnya. 
 
Apabila ada hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK seperti mulutnya adanya leleran lendir yang terus menerus bercucuran seperti ada luka juga dimulut dan penyusutan berat badannya begitu cepat semakin hari semakin mengurus. 
 
Untuk dapat segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan dampak yang besar bagi peternak Sapi-sapi lainnya”, pesannya.
 
Warga yang memiliki hewan ternak agar selalu memerhatikan kebersihan lingkungan sekitaran kandang hewan peliharaan ternaknya supaya tetap sehat,pada warga pemilik ternak harus rajin membuang kotoran nya setiap hari.
 
Juga dapat menyemprot  kandang dengan menggunakan Antivirus untuk membunuh bakteri jahat yang kemungkinan ada menyebar dalam kandang Sapi milik warga.
 
Saat ini Pemerintah setempat dan Babinsa sedang berusaha untuk memutus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku, selain himbauan dan penyemprotan serta mensosialisasikan penanganan perkara PMK.
 
Menurutnyan, pemberian gizi pakan tambahan  serta penyuntikan obat-obatan untuk menambah imun pada hewan ternak milik warga . tutupnya.(Pr4as.sl)