Pembukaan Festival Pacu Jalur Diawali Tarian Kolosal

Kuansing,Suaralira.com- Acara Ceremonial pada Pembukaan Festival Pacu Jalur Tradisional 2024 diawali dengan tari sembah carano dan penampilan tarian kolosal ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,di lapangan limuno Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (21/08/2024).
 
Bupati Kuantan Singingi Dr. H. Suhardiman Amby, MM menjelaskan bahwa “pacu jalur merupakan budaya masyarakat yang turun temurun dan sudah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda yang hingga saat ini masih digelar dan melekat dihati masyarakat Kuansing”, ujar Datuk Panglimo Dalam.Kemudian Bupati tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Pusat yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemprov Riau, dan stakeholders atas dukungannya dalam mensukseskan budaya masyarakat Kuansing yang hingga hari ini sukses digelar.”Kuansing merupakan daerah yang menjunjung tinggi adat istiadat. 
 
Pacu jalur merupakan tradisi yang sarat akan nilai sejarah dan gorong royong, semoga event ini akan membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat di Kuansing,” ungkapnya.Untuk Festival Pacu Jalur tahun ini Pemerintah Provinsi Riau mengucurkan dana 575 juta untuk hadiah dan biaya operasional, dan dihelat mulai tanggal 21 hingga 25 Agustus 2024 yang diikuti oleh 225 jalur, baik dari Kabupaten Kuansing maupun jalur dari kabupaten lain dan Provinsi tetangga.
 
(In/Sl)