Peserta ANBK & Panitia 2024 SMPN 14 Pekanbaru

Hari Pertama SMPN 14 Pekanbaru Laksanakan ANBK 2024

Suaralira.com, Pekanbaru — ANBK SMP 2024 telah berjalan serta telah berlangsung dua hari untuk gelombang pertama di Kota Pekanbaru yakni pada tgl.9 dan 10 September 2024. Untuk SMP Negeri 14 . Jl.Hangtuah No.43, Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru di gelombang kedua dilaksanakan Rabu 11/09/24, "ujar Kepala Sekolah SMPN 14 Pekanbaru, Elvi Devita, MPd Kepada suaralira.com.

Untuk SMP Negeri 14 dimulai Rabu ini, 11/09/24' dengan peserta 50 orang siswa termasuk cadangan 5 orang siswa. Jadi peserta yang ikut hanya 45 orang siswa. Adapun peserta ANBK dipilih secara Acak/Random oleh (Kemendikbud Ristek).

Pelaksanaan ANBK diselenggarakan di Labor Komputer sekolah dengan Penanggung Jawab Kepala Sekolah Elvi Devita, M.Pd, Teknisi Novitasari, S.Pd, Proktor Risti Yenti, M.Pd, "ujar Waka Kesiswaan AA Ginawati, S.Pd. Adapun Pengawas secara Silang dari Sekolah lain.

Dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang mana merupakan agenda rutin dimana diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Dengan Tujuan adalah guna mengevaluasi layanan pendidikan di masing-masing sekolah.

ANBK merupakan asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

Program ini dilaksanakan sebagai bentuk penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang sekolah menengah (SMP).

Dimana dalam menentukan mutu pendidikan itu dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar seperti literasi, numerasi, dan karakter. Selain itu, terdapat penilaian kualitas proses belajar-mengajar dan suasana disatuan pendidikan.

Sasaran ANBK meliputi siswa, guru, dan kepala sekolah. Untuk pendidik, asesmen dikhususkan pada aspek lingkungan belajar, yang kemudian disebut sebagai Survei Lingkungan Belajar.

Sementara itu, siswa akan mengerjakan beberapa instrumen asesmen. Ada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) meliputi tes literasi dan numerasi. Ada juga survei kriteria yang akan mengukur perkembangan karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila. (JR/sl)