Plt Sekdako Buka Mukerda ke II MUI Kota Tebingtinggi Tahun 2024

Suaralira.com, Tebing tinggi -- Plt Sekda Kota Tebingtinggi H. Kamlan Mursyid secara resmi membuka Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) Majelis Ulama Indonesia Kota Tebingtinggi,Kamis (19/9/2024) bertempat di Aula Gedung Hj Sawiyah jalan Sutomo Kota Tebingtinggi.
 
Acara Mukerda MUI Kota Tebingtinggi yang di hadiri Ketua Pengurus Wilayah MUI Sumatra Utara Dr H Maratua Simanjuntak MA serta Ketua MUI Kota Tebingtinggi Akhyar Nasution serta  Pengurus Daerah MUI lainnya  dan Plt Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Muhammad Khadafi, dengan mengusung tema"Wujudkan Pelayanan Ummat (Khodimul Ummah) Melalui Kolaborasi Ta'awun dan Sinergi".
 
Alfi Syahri Siregar selaku ketua panitia acara,kepada Media mengatakan,kegiatan hari ini adalah Pengukuhan pengurus dan Musyawarah Kerja Daerah ( Mukerda)ke II MUI Kota Tebingtinggi tahun 2024 yang bertujuan untuk menyusun program kerja sesuai dengan petunjuk yang sudah diatur didalam AD/ART MUI untuk membuat skala prioritas yang terukur dan terarah sebagai Khotibul Ummah atau pelindung ummat serta membangun kerja sama dengan pemerintah.
 
"Saya berharap kepada para pengurus yang dikukuhkan tadi,harus terus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengurus dan sebagai penyusun program, karena yang dikukuhkan tadi adalah perubahan pengurus yang sudah tidak aktif lagi"jelas nya.
 
Alfi Syahri Siregar juga mengucapkan terima kasih kepada semua rekan rekan panitia,sehingga pelaksanaan Mukerda yang dilaksanakan minimal dua kali dalam satu periode ini dapat berlangsung dengan aman tertib dan lancar dan dapat melahirkan berbagai program kerja untuk di tindak lanjuti ke depan nantinya,"tegasnya mengakhiri.
 
Sebelumnya Ketua Umum Daerah MUI Kota Tebingtinggi Akhyar Nasution pada  kata sambutannya banyak menceritakan tentang kondisi MUI Kota Tebingtinggi saat ini yang memiliki banyak problem.
 
"Hari ini kita telah melaksanakan perintah Ketua Umum MUI Wilayah Sumatra Utara,harus  mengganti pengurus MUI yang sudah tidak aktif lagi dengan yang baru,itulah sebabnya hari ini kita lakukan pengukuhan pengurus baru MUI Kota Tebingtinggi walaupun ketua komisinya tidak berubah"ujarnya.
 
Menurut Akhyar Nasution bahwa mereka yang duduk di MUI ini adalah orang orang pilihan dan sabar,karna MUI adalah bersifat terbuka dan  tidak bisa bersifat eksklusif,karena ekslusif itu adalah ajaran yang sesat"jelasnya
 
Akhyar Nasution berharap kepada pengurus yang baru di kukuhkan agar teruslah bekerja sama dan melahirkan  berbagai program yang dapat digunakan MUI untuk kemaslahatan ummat.
 
"Saya mengucapkan terimakasih kepada ketua panitia Alfi Syahri Siregar yang telah mampu mengkordinir anggotanya dalam rangka menggelar Mukerda ke II tahun 2024 sampai sore hari berjalan sukses,aman tertib dan kondusif tidak ada hambatan ,semoga kita semua tetap sehat selalu dalam lindungan Allah SWT" ungkap Akhyar mengakhiri.
 
Sementara itu Plt Sekdako Tebingtinggi Kamlan Mursyid membacakan pidato PJ walikota Tebingtinggi,mengucapkan selamat kepada MUI Kota Tebingtinggi yang menggelar Mukerda ke II dan pengukuhan pengurus baru.
 
Plt Sekdako Tebingtinggi melanjutkan bahwa pada tanggal 27 November tahun 2024 ini akan dilaksanakan pemilihan umum kepala Daerah secara serentak di seluruh Indonesia termasuk Kota Tebingtinggi yang kita cintai ini,seiring hal tersebut dinamika politik di daerah akan semakin hangat tentunya akan terjadi berbagai perbedaan.
 
"Saya berharap melalui Mukerda ke II MUI Kota Tebingtinggi ini, MUI akan semakin mengambil peran dalam menjaga tanah air dari hal hal yang dapat memecah belah ummat dan permusuhan, MUI selaku sarana pemersatu ummat harus bertindak tegas apabila ditemukan hal hal yang sifatnya memecah belah bangsa"tegasnya.
 
MUI terus menyerukan kepada semua pihak agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan dengan mengutamakan kepentingan bersama dan tetap menjaga ukuwah Islamiah dan MUI Kota Tebingtinggi harus dapat bekerja sama dengan pemerintah kota Tebingtinggi"Plt Sekdako mengakhiri.(Gabe/sl)