Bisa Dikatakan Virus Ganas Serang Peternak Babinsa Secara Cepat Pantau Dan Awasi PMK.

Suaralira.com ,Rengat -  Setiap Desa binaan yang menjadi wilayah tanggung jawab para Babinsa yang mencakup seluruh wilayah Koramil 01/Rengat.
 
Sebagai Babinsa Koptu.Chandra Sinaga Desa Sei Guntung Hilir Kec.Rengat Kabupaten Indragiri Hulu ,saat ini masih terus berlanjut dalam penanganan serius terhadap adanya wabah virus akut penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan peliharaan Sapi milik warga.
 
Pada kesempatan ini kunjungan kami ke warga pemilik hewan ternak tidak menjumpai sapi nya yang sedang terserang virus PMK kami pun sempat mensosialisasikan kepada warga pemilik hewan peliharaan sapi tersebut.
 
"Agar peka pada hewan peliharaan nya apabila ada tanda-tanda hewan nya terjangkit virus PMK ini dengan gejala-gejala terkena penyakit PMK ini badan hewan peliharaan nya semakin hari semakin kurus dan kurang nya nafsu makan nya.
 
Serta keluarnya air liur nya yang berbusa terus-menerus,kukunya luka seperti mengelupas.Penyakit mulut dan kuku (PMK) tergolong penyakit bisa dikatakan ganas yang cepat menular pada hewan berkuku atau hewan berkaki empat.
 
"Melalui kegiatan pemantauan ini  ke kandang hewan peliharaan masyarakat dapat membantu warga dalam penanganan PMK pada hewan Sapi peliharaan warga.Pada saat kunjungan kami ke kandang sapi warga tidak menemukan tanda-tanda gejala PMK masih aman dan sehat.
 
"Harapannya mudahan-mudahan kedepannya dapat mengetahui hewan-hewan ternak milik masyarakat di wilayah binaan bebas dari PMK yang sangat dikenal dengan Penyakit akud yang sangat mematikan pada hewan peliharaan khususnya hewan berkaki empat.tutupnya(Pr4as.sl)