Ingatkan Warga Tentang PMK Babinsa Koramil 01/Rengat Aktif Lakukan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan

Suaralira.com, Rengat - Turun langsung ke lapangan oleh Babinsa Koramil 01/Rengat, Sertu Eli suprian bertemu langsung kepada peternak sapi untuk menyampaikan cara penanganan dini dan cara agar sapi tetap sehat. 
 
"Selain itu Babinsa juga selalu berperan aktif dan tak henti - hentinya mengingatkan kepada warga binaannya untuk mengantisipasi hewan ternak warga agar tidak terkena penyakit PMK.
 
Khususnya yang ada di wilayah binaannya di Desa Air Jernih,kecamatan Rengat Barat. Pada hari Kamis tanggal 17/10/2024.
 
Menurut Babinsa Sertu Eli suprian mengatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan sangatlah penting guna antisipasi krisis ketahanan pangan khususnya di wilayah binaannya. 
 
"Agar hal tersebut tidak terjadi maka Babinsa harus cepat mengambil langkah dengan mengingatkan kepada masyarakat agar memperhatikan hewan ternak nya terutama yang paling penting adalah menjaga kebersihan kandang dan makanan yang cukup.
 
“Kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam mengatasi penyakit yang di derita oleh sapi sekaligus menjaga ketahanan pangan dan sebagai bukti bahwa kami sebagai Babinsa peduli dengan warga binaan kami. ” ucap Sertu Eli suprian. 
 
“Kita juga menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau petugas keswan apabila terdapat hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK, agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar atau di jual murah oleh pemilik sapi”, imbuhnya.
 
Dan apabila ada salah satu sapi yang terjangkit PMK, untuk pertolongan pertama adalah memberikan vitamin C dengan cara dihaluskan kemudian di oleskan di mulutnya atau membuat jamu kunyit kemudian di minumkan ke sapi dan untuk mengobati kakinya dengan cara mengoleskan.
 
Secara kebiasaan juga bisa diberikan oli kotor dengan kuas dibagian yang luka. Karena oli tersebut dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengobati sapi yang luka di bagian kakinya atau kuku.(Pr4as.sl)