Tekan Pengangguran Pasca PHK, Kemenkop Andalkan KUR


Dibaca: 1234 kali 
Jumat,12 Februari 2016 - 12:29:24 WIB

Jakarta, Suaralira - Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM, Prakoso mengatakan, akan mensinergikan pengembangan kewirausahaan dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini upaya untuk mengembangkan kewirausahaan sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan dalam rangka penurunan angka pengangguran ditengah maraknya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

 

Dalam implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Koperasi (Kemenkop) dengan bank pelaksana yaitu Bank Mandiri, BRI, dan BNI, Maka Kemenkop akan mensinergikan pengembangan kewirausahaan dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

 

“Kini bunga KUR sudah turun menjadi 9 persen, harapannya sinergi ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan dalam rangka penurunan angka pengangguran,” kata Prakoso yang dikutip pada Aktual.com, Jum’at (12/02/2016).

 

Prakoso menambahkan, saat ini tingkat pengangguran cukup memprihatinkan hingga kisaran 5,92 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Dan diketahui minat generasi muda untuk menjadi wirausaha dari perguruan tinggi mencapai 6,4 persen, serta dari lulusan SLTA mencapai 22,4 persen.

 

“Potensi wirausaha muda cukup besar yaitu hampir 30 persen dari jumlah penduduk.” Jumlah wirausaha saat ini baru 1,65 persen dari idealnya sebesar 2 persen. Sementara AS mencapai 11,5 persen, Jepang mencapai 11 persen, China mencapai 10 persen, Singapura mencapai 7 persen, dan Malaysia sebesar 3 persen, Paparnya singkat. (***)


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :