PLN Peringati Hari Anti Korupsi Se-Dunia


Dibaca: 616 kali 
Rabu,14 Desember 2022 - 10:57:34 WIB
PLN Peringati Hari Anti Korupsi Se-Dunia
JAKARTA, suaralira.com - Apabila Anda memiliki pengaduan kepada PLN terkait "suap, pungli, uang komisi, atau pelanggaran integritas yang lain", silahkan disampaikan melalui sarana pengaduan WBS PLN di atas.
 
Apabila anda memiliki pengaduan terkait listrik padam, kabel listrik putus, tiang listrik roboh atau hal-hal sejenisnya, silahkan disampaikan melalui aplikasi "PLN Mobile" atau "call 123," ujar Komisaris Utama PLN (Persero) Amien Sunaryadi dalam pesan wathappnya kepada suaralira. com, Rabu (14/12).
 
Sememtara itu, sebelumnya Bambang Dwiyanto, Manajer Senior Komunikasi Korporat, beberapa waktu lalu mengatakan Hari Anti Korupsi (HAK) se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember, dijadikan momentum oleh PLN untuk terus mensosialisasikan dan memantapkan gerakan anti korupsi baik kepada kalangan internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Gerakan anti korupsi PLN tersebut diberi nama program PLN Bersih (www.plnbersih.com) yang telah dicanangkan sejak 2012. Hari ini seluruh unit dan anak perusahaan PLN memperingati HAK ke 6 dengan berbagai kegiatan beragam.
 
Di Jakarta digelar acara “Pekan Anti Gratifikasi” dari 8 – 11 Desember 2014 dengan mengusung tema “Sepekan Untuk Jadi Budaya”. Pekan anti gratifikasi ini diisi oleh kegiatan pameran photo dan poster anti gratifikasi, kampanye PLN Bersih On The Road yang tersebar di 20 titik jalan di Jakarta, diantaranya di sekitar Tugu Tani, Monumen Nasional, Lapangan Banteng, Bundaran HI, Senen, Kuningan, Taman Menteng, Stasiun Tanah Abang, dan Kota Tua.
 
Acara yang digelar oleh PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang (Diajaya) ini juga dirangkai dengan seminar anti gratifikasi dan nonton film bareng serta penganugerahan PLN Bersih Award di lingkungan PLN Disjaya. PLN juga aktif mengambil bagian dalam Festival Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi di Yogyakarta. 
 
Di acara ini PLN menjadi peserta pameran dengan menampilkan berbagai program anti korupsinya seperti reformasi pelayanan melalui Contact Center (CC) PLN 123 yang memberikan kemudahan untuk meminta layanan PLN tanpa harus datang ke kantor PLN. Dengan CC PLN 123 pelanggan dan calon pelanggan bisa minta sambungan listrik melalui website call center (kode area)123, www.pln.co.id, email pln_123@pln.co.id,  facebook PLN 123 atau twitter @pln_123.
 
Melalui pelayanan tanpa tatap muka dengan petugas PLN ini maka potensi adanya percaloan, pungutan liar dan suap yang membebani masyarakat bisa ditekan. Materi lain yang ditampilkan adalah reformasi pengadaan dimana PLN memangkas mekanisme pengadaan spare part dengan membeli langsung ke pabrikan sehingga diperoleh harga yang lebih murah, kemudahan mendapatkan listrik bagi pelaku bisnis di Indonesia untuk tahun 2015 yang naik 23 peringkat sehingga peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia juga naik. Kemudahan berbisnis inilah salah satu tujuan dari upaya pemberantasan korupsi di sektor usaha.
 
PLN juga aktif mengambil bagian dalam Festival Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi di Yogyakarta. Di acara ini PLN menjadi peserta pameran dengan menampilkan berbagai program anti korupsinya seperti reformasi pelayanan melalui Contact Center (CC) PLN 123 yang memberikan kemudahan untuk meminta layanan PLN tanpa harus datang ke kantor PLN. Dengan CC PLN 123 pelanggan dan calon pelanggan bisa minta sambungan listrik melalui website call center (kode area)123, www.pln.co.id, email pln_123@pln.co.id,  facebook PLN 123 atau twitter @pln_123.
 
Melalui pelayanan tanpa tatap muka dengan petugas PLN ini maka potensi adanya percaloan, pungutan liar dan suap yang membebani masyarakat bisa ditekan. Materi lain yang ditampilkan adalah reformasi pengadaan dimana PLN memangkas mekanisme pengadaan spare part dengan membeli langsung ke pabrikan sehingga diperoleh harga yang lebih murah, kemudahan mendapatkan listrik bagi pelaku bisnis di Indonesia untuk tahun 2015 yang naik 23 peringkat sehingga peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia juga naik. Kemudahan berbisnis inilah salah satu tujuan dari upaya pemberantasan korupsi di sektor usaha.
 
PLN juga memanfaatkan momen peringatan HAK untuk melakukan konsolidasi bagi para pelopor PLN Bersih dari seluruh unit dan anak perusahaan melalui Jambore Pelopor PLN Bersih. Acara yang digelar di Yogyakarta ini sengaja dibarengkan dengan acara Festival Anti Korupsi. Melalui acara ini para pelopor PLN Bersih akan dipompa semangatnya, diberikan pembekalan yang lebih dalam tentang wawasan anti korupsi sehingga setelah kembali ke unitnya dapat lebih mantap mengawal implementasi PLN Bersih.
 
Penghargaan Pelapor Gratifikasi Dalam peringatan HAK ini, Direktur Niaga, Manajemen Resiko dan Kepatuhan PLN, Moch. Harry Jaya Pahlawan mewakili PLN menerima penghargaan dari KPK sebagai BUMN dengan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Terbaik yang diserahkan Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Praja pada hari ini di lokasi Festival Anti Korupsi di Yogyakarta. Pengelolaan gratifikasi menjadi salah satu program unggulan dalam implementasi PLN Bersih. 
 
Manajemen menunjukkan komitmennya untuk melaporkan gratifikasi yang diterimanya kepada KPK sesuai ketentuan yang berlaku. PLN Bersih yang pada awalnya memiliki konsentrasi kegiatan pada review proses pengadaan dan pelayanan pelanggan, kini telah berkembang dan melandasi semua proses bisnis perusahaan di lingkungan PLN. PLN bersih memiliki empat pilar yaitu Partisipasi, Integritas, Transparansi dan Akuntabilitas (PITA). 
 
Sejak tahun ini PLN juga sudah memasukkan implementasi PLN Bersih sebagai salah satu indikator kinerja unit dan anak perusahaan sehingga mempercepat proses internalisasi nilai-nilai PLN Bersih ke seluruh jajaran. Dengan supervisi Transparency International Indonesia (TII) mulai tahun ini PLN melakukan asesmen  dengan mengukur tiga indikator PLN Bersih yaitu resiko integritas, implementasi PLN Bersih serta integritas pengadaan dan pelayanan pelanggan, ujarnya dikutip di pln.co.id.
 
PLN juga telah bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mencegah tindak pidana pencucian uang. Selain itu manajemen PLN juga melarang pegawai dan mitra kerja untuk melakukan transaksi secara cash, namun harus melalui Perbankan.
 
Melalui program PLN Bersih, manajemen dan karyawan PLN bersungguh-sungguh untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, dengan dilandasi cara pengelolaan perusahaan yang baik dan bersih, tutupnya. (rls/sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :