Bahas Ranperda Pengelolaan Pustaka, Pansus A DPRD dan Pustaka Siak Kunker ke Perpusnas

Merasa Dilecehkan, Kepala Perpustakaan Siak Laporkan Yoserizal Zein ke Perpusnas

 

SIAK (suaralira.com) - Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Siak Herayulwita berkonsultasi ke Kejari Siak terkait ucapan kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi ( BPAD) Riau Yoserizal Zein pada acara resmi perpustakaan pekan lalu. Sebab, ia merasa dilecehkan oleh Yoserizal Zein karena dianggap ada unsur KKN yang dilakukan Hera ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

 
"Tadi kita sudah konsultasikan masalah ini ke Kejari Siak. Jadi nanti surat dan somasi yang bakal dikirimkan ke Pak Yoserizal itu diteken Sekda. Karena Sekda kan atasan kita," kata Hera Senin (23/5/2015).
 
 
Menurut dia, ucapan Yoserizal harus diproses sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Pasalnya, ucapan yang menistakan prestasi dan akreditasi perpustakaan Siak itu dilakukan saat pembukaan lomba perpustakaan se Riau. Sehingga ucapan itu menjadi tanggung jawab instansi ke instansi.
 
 
"Ini jelas bukan persoalan personal, karena semua pada kegiatan resmi. Kita punya saksi, seluruh peserta bahkan kaget dengan ucapan yang melecehkan lembaga kita," kata Hera.
 
 
Tidak hanya itu, Hera juga sudah melaporkan Yoserizal Zein ke Perpusnas. Laporan tersebut terkait adanya posisi pembina perpustakaan daerah yang menuding adanya praktek KKN antara perpustakaan daerah dengan Perpusnas.
 
 
"Pihak Perpusnas juga sedang menyusun kerangka untuk memproses tuduhan Pak Yose Rizal. Laporan kita sudah diproses, sebab Pak Yose itu bilang perpustakaan Siak dapat Akreditasi A karena unsur KKN ke Perpusnas. Inikan menyangkut kewibawaan lembaga dan nama baik pelaksana akreditasi di perpusnas," kata perempuan yang sudah 30 tahun berkecimpung di dunia perpustakaan itu.