Pantau Harga Pasar, Polri Intensifkan Sidak

JAKARTA (suaralira.com) - Terkait instruksi Presiden Jokowi agar harga pangan di Bulan Ramadhan untuk tetap stabil, Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri melalui Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Harga Bahan dan Makanan terus memantau serta mengawasi sejumlah pasar dan lokasi feedloter (penggemukan sapi) juga Rumah pemotongan hewan (RPH) di Wilayah Jabodetabek.
 
Menurut Direktur Tindak Pidana Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya, Sabtu (11/6/2016), peninjauan ke feedloter dan RPH ini tak lepas dari upaya polisi mengetahui kondisi pasokan daging sapi. Termasuk soal harga yang ditetapkan dari lokasi tersebut.
 
Agung menuturkan, untuk menjaga stabilitas harga daging, Satgas juga menindak para spekulan yang selalu memanfaatkan permainan harga pada bulan puasa dan menjelang Lebaran. Meski demikian, Agung mengakui adanya euforia baik pedagang maupun spekulan di bulan puasa. 
 
Pihaknya akan tetap melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pasar. Dengan tujuan prioritas, mengecek harga-harga pangan di pasaran, ujar Mantan Kasubdit Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) itu.
 
Adapun di sejumlah pasar telah dipantau Satgas pada Jumat 10 Mei 2016 di kawasan Jakarta Selatan. Dan diantaranya juga Pasar Minggu, Lenteng Agung, dan Pondok Labu.
 
Sementara itu di wilayah lain yang juga dilakukan pantauan seperti pasar Sunter Podomoro, Kelapa Gading, Palmerah, Rawa Badak, Pademamgan Timur, dan Pengumben, ujarnya singkat. (***)