Gol Tunggal Danilo Bawa Madrid Tekuk Muenchen

NEW JERSEY (suaralira.com) - Pertemuan yang ditunggu-tunggu bos Bayern Muenchen, Carlo Ancelotti, melawan tim yang dilatihnya, Real Madrid, akhirnya dimenangkan Madrid. Dalam laga pramusim International Championship Cup (ICC) di New Jersey,  Amerika Serikat, Kamis (4/8/2016) pagi, sebuah gol Danilo Luiz Da Silva 11 menit sebelum pertandingan berakhir membuat Ancelotti hanya bisa meringis.

Pertandingan ini menjadi spesial karena mempertemukan "guru dan murid" yang dua musim lalu mengantarkan Madrid meraih La Decima (gelar ke-10) Liga Champions untuk Los Blancos. Sang guru adalah Ancelotti, sedang sang murid adalah Zinedine Zidane yang dua musim lalu jadi asisten Ancelotti. Sejak pertengahan musim lalu Zidane naik pangkat menggantikan Rafael Benitez menjadi pengendali penuh skuad Madrid, sedang Ancelotti musim ini  menggantikan Josep Guardiola di Muenchen.

Duel yang berlangsung di MetLife Stadium tersebut memang istimewa. Meski sama-sama belum menurunkan beberapa pemain yang memperkuat negaranya di Piala Eropa 2016 atau masih cedera, namun pertandingan berjalan seru. Beberapa pemain utama Madrid sudah terlihat turun. Mereka antara lain kapten Sergio Ramos, Luka Modric, James Rodriguez, Isco, atau Marcelo. Di pihak Muenchen, pemain-pemain utama yang bermain adalah kapten Phillips Lahm, David Alaba, Xabi Alonso, atau Arturo Vidal.

Danilo sendiri yang menjadi pahlawan dalam pertandingan itu, baru masuk menit ke 63, atau 16 menit sebelum mencetak gol. Mantan pemain Porto ini  melakukan akselerasi dari sisi sayap, sebelum melakukan tusukan ke dalam sisi pertahanan Bayern, dan melepaskan tendangan keras yang berbuah gol.

Di dua pertandingan sebelumnya, Madrid sempat kalah 1-3 dari Paris St Germain, dan menang 3-2 atas Chelsea. Dua kemenangan beruntun ini  memberikan modal bagus bagi Madrid jelang laga Piala Super Eropa melawan Sevilla pada 9 Agustus.

Bayern sendiri tidak banyak menurunkan bintangnya di pertandingan kali ini. Dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya melawan Inter Milan, Ancelotti memilih menyimpan nama-nama beken seperti Xabi Alonso, Philipp Lahm, dan Juan Bernat, serta menggantinya dengan Fabian Benko, Milos Pantovic, dan Tom Starke.

"Saya senang bisa berjumpa Madrid di lapangan. Ini pertemuan istimewa dua klub besar," ujar Ancelotti seusai pertandingan. "Madrid akan terus berkembang, begitu juga dengan kami," imbuhnya.