Pamer Aneka Mobil Ramah Lingkungan

TANGERANG - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show malam ini resmi berakhir. Masyarakat bisa 'cuci mata' melihat berbagai aneka mobil ramah lingkungan yang keren.
 
Tema yang diambil GIIAS kali ini adalah Green Technology for a Better Future, teknologi ramah lingkungan untuk masa depan yang lebih baik, kira-kira begitu. Rupanya ini cara Gaikindo untuk mengingatkan masalah bahan bakar juga di Indonesia.
 
"Untuk menyentil Indonesia dengan peraturan yang namanya bahan bakar tolong juga disesuaikan dengan kendaraannya. Jadi tujuannya kesana lah sebenarnya," tutur Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi saat penutupan GIIAS.
 
"Konsep ini tujuan kami untuk mengingatkan lagi, bahwa yang namanya teknologi hijau itu sangat dibutuhkan," ujar Nangoi.
 
"Sebetulnya kan begini, kalau kita lihat ya, kan rata-rata mobilnya hybrid yang ditampilkan, ya memang kita tonjolkan ke arah sana. Banyak kan mobil konsepnya. Beberapa biji mobil konsep di Mitsubishi, mobil konsep Honda satu juga," tambah Nangoi kepada wartawan.
 
Mobil bernuansa hijau yang dipamerkan pabrikan antara lain BMW i8, mobil sporty hybrid yang sudah mulai dijual BMW, dari booth Toyota ada mobil hidrogen FCV Plus dan Mirai, sedangkan Honda menampilkan Clarity Fuel Cell Vehicle.
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka pameran juga menekankan perlunya Indonesia untuk segera beralih dari standar emisi Euro2 ke Euro. Jika bisa, maka mobil buatan Indonesia bisa lebih diterima di pasar global. (dt/sl)