Keadaan mobil Asda I, Cucu Syamsudin saat kecelakaan di Tol Japek Km 40, Kamis (9/2)

Sebelum Sambangi BPKP Jabar, Rombongan Pepen Kecelakaan

BANDUNG (suaralira.com) - Dalam hal pemisahan aset PDAM Tirta Bhagasasi (TB) ke Pemerintah Kota Bekasi, melalui PDAM Tirta Patriot (TP). Walikota Bekasi, Rahmat Effendi   sambangi Kepala Kantor Wilayah BPKP Jawa Barat, Deni Suwardini di Kantor BPKP Jawa Barat, Bandung, Kamis pagi (9/2).
 
Dalam kunjungan itu, Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi, didampingi para pejabat di Kota Bekasi, seperti Asisten Daerah I, Cucu Syamsudin, dan Asisten Daerah II, Kariman, serta Direktur Utama PDAM TP, Tb Hendy Irawan.
 
Kepala Kanwil BPKP Jawa Barat, Deni Suwardini mengatakan, polemik yang terjadi di Kota, dan Kabupaten Bekasi mengenai pemisahaan aset PDAM TB, diharapkan dapat cepat terselesaikan dengan konsultasinya Walikota Bekasi ke sini. Dengan pemisahan nantinya, kata dia, baik itu PDAM TP, dan PDAM TB dapat berkembang baik kedepannya untuk kedua wilayah.
 
"Jika terjadi seperti ini, diharapkan juga tidak merusak Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih baik dari Kota maupun Kabupaten Bekasi," ucap Deni.
 
Ditempat sama, Pepen menjelaskan, dengan adanya konsultasi ini, dapat terlihat hitungan saham yang memang harus dibebaskan Pemkot Bekasi untuk aset-aset PDAM TB yang ada di Kota Bekasi.
 
"Jika harus pengembalian hutang nantinya, akan ditinjau terlebih dahulu dari segi saham. Asda I agar segera membuat manajemen resiko asistensi agar semua aset yang ada di kota bisa membuat MoU tegas, jika kabupaten mengguggat," tukas Pepen.
 
Asisten Daerah I, Cucu Syamsudin menambahkan, jika perjanjian tersebut sudah jadi, dan memiliki kesepakatan dari pihak Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi, maka rekomendasi dari BPKP bukan merupakan pengembalian uang namun dengan sistem bagi hasil.
 
Seperti diketahui, saat kunjungan itu, rombongan Pepen mengalami insiden kecelakaan beruntun di Tol Japek Km 40 arah Bandung, sekitar pukul 06.50 WIB. Namun, tidak menelan korban jiwa. Kecelakaan itu melibatkan tiga mobil. Mobil Asda I Cucu Syamsuddin ditabrak oleh Sedan Corolla B 2323 YI. Sedangkan mobil Toyota Fortuner yang ditumpangi Walikota ditabrak oleh mobil Asda I, dan menabrak pembatas jalan tol.
 
Staf Humas Walikota, Dery yang ikut dalam rombongan mengatakan, Walikota Bekasi Rahmat Effendi saat kejadian itu dalam kondisi sehat. 
 
"Alhamdulillah semuanya sehat wal affiat," kata Dery melalui group Humas WA Pemkot Bekasi.
 
(oto/sl)